Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA)


BIPA

Dengan sistem belajar jarak jauh, mahasiswa dapat kapan dan dimana saja tanpa harus meninggalkan pekerjaannya dan dituntut untuk mampu secara belajar mandiri. Dalam proses pembelajaran, dimediasi oleh perangkat teknologi seperti bahan ajar cetak (modul), video, audio-cassete, internet, computer assistant intruction (CAI), televisi, dan radio. Keberhasilan studi sepenuhnya ditentukan oleh partisipasi dan belajar mahasiswa.


Namun demikian untuk membantu keberhasilan studi, FKIP-UT menyediakan berbagai layanan bantuan belajar seperti tutorial, baik tutorial tatap muka maupun tutorial online, konseling, dan bimbingan akademik lainya. Pada tahun ajaran 2010, mahasiswa yang aktif mengikuti studi di FKIP lebih dari 511.000 mahasiswa, dan dari tahun 1986 sampai dengan tahun 2010 FKIP-UT telah meluluskan lebih dari 700.000 mahasiswa.

Karakteristik FKIP-UT yang sangat khas ini, memungkinkan para guruatau tenaga pendidik dari berbagai penjuru tanah air dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme nya tanpa kendala ruang dan waktu. Sejumlah 39 Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) tersedia di seluruh indonesia untuk dapat melayani para mahasiswa FKIP-UT dengan sebaik-baiknya.