silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Tasya Ridha Utami
Nim : 856021589
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran anak SD tentang bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon.
Berikut ini beberapa hal yang perlu di analisis diantaranya :
• Diawal video guru tidak membuka pembelajaran dengan salam dan mengecek absensi
• Penyampaian guru tersebut saat menjelaskan tema pembelajaran sudah baik dan menggunakan media pembelajaran yang sangat mendukung.
• Dalam video terlihat siswa dan guru melakukan tanya jawab.
• Pada penutupan pembelajaran guru sudah memberikan motivasi dan pesan moral pada siswa
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
• Tidak ada pembuka pembelajaran seperti salam pembuka dan pengecekan kehadiran
• Tidak melakukan doa
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
• Metode yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sesuai kompetensi.
• Media pembelajaran sangat mendukung untuk kelencaran pembelajaran.
• Guru juga telah melibatkan para siswa dengan melakukan tanya jawab.
• Pembelajaran di akhiri guru dengan memberikan motivasi dan pesan moral kepada para siswa.
5. Hal Unik dalam Video Pembelajaran
Media pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran
6. Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan
Pada saat Maya si pemberi pesan salah mengartikan isi pesan, guru tidak memberikan penguatan dan seperti membiarkan siswa lain menertawakan Maya. Hal ini sangat tidak baik bagi pikiran siswa untuk mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan dari guru.
NAMA : Elvrida Martina Br Manik
NIM : 856075351
PRODI : S1-PGSD
UPBJJJ : BATAM
Izin berkomentar,
Guru sudah berusaha dengan baik agar pembelajaran berjalan dengan baik, siswa pun mengerti yang dikatakan guru. Tetapi pada saat temannya salah berbicara malah ditertawakan, seharusnya guru memberikan motivasi bahwa menertawakan temannnya itu tidak baik. Siswa juga sangat antusias belajar bahkan siswa bisa menjawab pertanyaan guru dengan baik.
Terimaka Kasih
Nama : Riska Widyana Astutui
Nim : 857217232
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Harau
Setelah saya melihat video tersebut menurut saya Guru sudah menjelaskan cara telepon yang baik, siswa dilibatkan langsung dalam bermain peran sehingga lebih percaya diri, menggunakan alat komunikasi berupa HP, dan guru selalu memberikan motivasi kepada siswa tapi masih ada kelemahannya yaitu Guru belum memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya dan memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk maju bermain peran sehingga belum tentu semua siswa paham dari penjelasan.
Nama : Semarnika Lahagu
NIM : 855989403
Prodi : S1- PGSD
Pokjar : Mandrehe, Nias Barat
Dalam video pembelajaran terdapat kelebihan dan kelemahan.
Kelebihannya guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dan memberi peran masing-masing untuk mempraktekkan cara menerima dan menyampaikan pesan melalui telepon serta menyarankan siswa untuk menuliskan pesan yang di terimanya. Hal ini bisa membuat siswa lebih mudah mengerti dan memahami pembelajaran. Dalam video tersebut terlihat pada akhir pembelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa.
Kelemahannya adalah di awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti menyapa dan menanyakan kabar para siswa serta pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang masih tidak di mengerti oleh siswa.
Nama : Intan Pebrianti Pandini
NIM :857101245
PRODI : PGSD
Pokjar : Sukakarya Tambelang
Kelebihannya:
Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran, menerapkan metode roleplay dengan langsung mengajak siswa mencontohkan di depan kelas sebagai penelpon dan penerima telepon menggunakan media belajar yang nyata.
Kelemahannya:
Tidak ada kegiatan awal pembelajaran, guru langsung menyampaikan inti pembelajaran. Dan pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila masih belum mengerti tentang materi yang telah di sampaikan. Guru juga tidak memberikan tugas atau soal latihan.
Nama : Widuri Yasinta
NIM : 877600442
Prodi : PGSD
UPBJJ : Palembang
Kelebihan :
Menurut saya, metode dan penyampaian guru terhadap inti pembelajaran sudah tepat. guru melibatkan siswa dalam penyampaian materi, serta penggunaan bahan ajar yg “real” sehingga siswa mampu memahami tujuan pembelajaran tsb.
Kekurangan :
sang guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, ataupun mengemukakan pendapat selama dan sesudah proses pembelajaran
Nama : Hotmaria mahdalena manurung
Nim : 877528902
Prodi : PGSD
Pokjar : TELUK PANJI
Setelah saya melihat video tersebut menurut saya Guru sudah menjelaskan cara telepon yang baik, siswa dilibatkan langsung dalam bermain peran sehingga lebih percaya diri, menggunakan alat komunikasi berupa HP, dan guru selalu memberikan motivasi kepada siswa tapi masih ada kelemahannya yaitu Guru belum memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya dan memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk maju bermain peran sehingga belum tentu semua siswa paham dari penjelasan Selamat pagi.
Nama : Aji ronika
NIM : 836638691
Prodi : PGSD
UPBJJ: Purwokerto
Menurut saya pada video tersebut pembelajaran sudah baik , guru melibatkan sisiwa untuk aktif mencontohkan bagaimana menerima pesan telepon dengan baik, hanya saja saat sipemberi pesan salah menyampaikan isi pesan, guru tidak memberikan penguatan dan terliha tmembiarkan siswa lainnya menertawakan.