Sinopsis

Tujuan tayangan video ini adalah belajar memahami konsep sudut. Pada awal pembelajaran guru menyampaikan bahwa materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut adalah tentang pengertian sudut dan nama-nama sudut. Namun sampai waktu habis atau pembelajaran diakhiri materi tentang nama-nama sudut tidak dibahas. Penanaman pengertian sudut yang disampaikan guru pada siswanya sudah cukup bagus, yaitu dengan cara induktif dari contoh-contoh atau hal-hal yang khusus ke hal yang umum. Sesuai dengan Tahap perkembangan mental anak menurut Jean Peaget siswa SMP masih dalam tahap operasi konkret.

Dalam peragaan mengukur sudut seharusnya siswa diminta untuk memperagakan di depan teman-temanya. Pada tayangan tersebut sepertinya dalam mengukur besarnya sudut menggunakan busur seharusnya arahnya berlawanan dengan jarum jam, namun guru menjelaskan/memperagakan ke salah satu siswa ada yang searah dengan jarum jam.

Kesan umum: penyampaian materi tentang Belajar Memahami Konsep Sudut sudah cukup bagus, walaupun masih ada kekurangan yang perlu dibenahi.

Dra. Sri Tresnaningsih, M.Pd

Similar Posts

6 Comments

  1. NAMA : ASEP FIKRUL YAQIN
    NIM : 042057145
    PRODI :PENDIDIKAN MATEMATIKA
    UPBJJ UT : BOGOR

    Izin menanggapi video pembelajaran,

    Pada video pembelajaran tentang belajar memahami konsep sudut, dijelaskan dengan cukup ringkas dan sederhana apa yang disampaikan oleh guru. Melalui pengamatan sederhana benda-benda disekeliling peserta didik, guru menggiring penalaran sederhana peserta didiknya dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada pengertian sudut itu sendiri. Perserta didik pada ahirnya dapat dengan mudah memahami apa itu sudut, kemudian diperdalam lagi dengan penjelasan bagaimana cara menghitung besar sudut dan menentukan jenis sudut dengan bantuan alat peraga jangka dan penggaris untuk mempermudah pemahaman siswa. Guru juga terlihat mendampingi dan memberikan arahan langsung atas kinerja peserta didiknya.

    Meskipun tidak terlihat adanya penjelasan secara langsung peserta didik terhadap hasil kinerjanya, setidaknya tujuan pembelajaran telah tersampaikan dengan baik. Peserta didik mampu memahami tentang konsep sudut, menghitung besar sudut dan menentukan jenis sudut. Sekedar saran, mungkin pembelajaran dapat disajikan dengan lebih menarik jika suasana dalam kelas tidak sekaku yang terlihat, guru mungkin bisa lebih atraktif dan sesekali melontarkan senyum agar peserta didik tidak terlalu tegang.

    Terima kasih.

  2. Bismillah
    Nama : Ady Triyanto
    NIM : 043688793
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ : Batam

    Perkenankan saya untuk memberikan tanggapan terhadap video pembelajaran ini.
    1. Partisipasi siswa cukup bagus pada video tersebut, siswa memberikan respon yang baik pada setiap instruksi gurunya.
    2. Menurut pendapat saya, kelemahan guru tersebut adalah pada gesture tubuh pada saat penyampaian yang masih terlihat kaku. Perlu adanya sedikit gerak tubuh agar tidak terlalu monoton.
    3. Menurut pendapat saya, kelebihan guru tersebut adalah dia memberikan konsep sebuah sudut sebelum siswa melakukan pengukuran. Sebuah konsep sangat penting, karena dengan pemahaman terhadap sebuah konsep, maka siswa dapat memahami setiap persoalan yang lebih kompleks.
    4. Menurut saya, proses pembelajaran dilakukan normal sebagaimana kelas pada umumnya, namun satu niai tambah dari proses di dalamnya adalah pemaparan konsep yang terkadang tidak dilakukan oleh para guru saat ini.
    5. Adapun usulan yang bisa saya berikan adalah lebih interaktif dalam memaparkan sehingga tidak terlalu monoton.

    Semoga Allah memudahkan setiap urusan kita.

    Terima kasih.

  3. NAMA : ANGGITA PUSPITO SARI
    NIM : 042693911
    PRODI :PENDIDIKAN MATEMATIKA

    Mohon izin menanggapi video pembelajran
    Video pembelajaran mengenai konsep sudut, pada awal pembelajaran siswa diberikan pertanyaan pemantik mengenai sudut. Dikarenakan siswa masih belum mengenai konsep pengenalan sudut, guru dapat memberikan penjelasan disertai penggunaan media belajar seperti penggunaan busur derajat dan benda – benda di sekitar siswa. Kemudian, busur derajat tersebut digunakan untuk mengukur benda yang sudah dipilih . Pengenalan sudut dengan menggunakan media disekitar siswa akan membuat siswa untuk lebih mudah memahami apa itu konsep sudut. Penggunaan beberapa metode pembelajaran seperti, ceramah, diskusi , dan praktek akan membuat siswa lebih mudah dalam memhami materi pembelajaran yang disampaikan.

    Terima kasih

  4. Nama : Wahyu Widyawati
    NIM : 501333206
    PRODI : MPDr
    UPBJJ : Malang

    Perkenankan kami memberikan komentar terkait video pembelajaran matematika materi pengenalan sudut.
    Pada pembelajaran tersebut belum menunjukkan siswa sebagai pusat pembelajaran, guru masih banyak menggunakan metode ceramah. Pembelajaran pengenalan sudut dapat dilakukan dengan metode diskusi kelompok dengan model pembelajaran Discovery learning tentang pengertian sudut dan macam- macam sudut. Guru dapat memfasilitasi denagn LKPD yang mengarahkan siswa tentang pengertian dan macam- macam sudut. Media yang dapat digunakan siswa adalam beberapa potongan lidi, siswa dapat mengekplorasi pengertian sudut dan macam – macam sudut dengan membentuk 2 buah lidi yang saling berpotongan. selanjutnya dapat dilakukan dengan menghitung besar susut menggunakan busur derajat dan media konkrit yang dapat diukur sudutnya. misal papan tulis, buku, meja, penggaris segitiga, dll.

    Terima kasih

Leave a Reply