Similar Posts
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : Asma Nadia
Nim : 877521655
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : SIANTAR
Menurut saya video diatas suasana kelas sudah sangat kondusif,siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang diberikan guru. Tetapi diawal pembelajaran tidak adanya kegiatan berdoa,bernyanyi wajib nasional,mengabsen siswa,menanya kabar ataupun ice breaking yang dilakukan guru untuk memulai kegiatan belajar.
Meskipun guru sudah memberikan pengertian tentang pelajaran yang sedang berlangsung,guru tidak mencontohkan terlebih dahulu kepada siswanya,langsung menyuruh siswa nya praktek membaca pantun. Namun,setelah diakhir guru memberikna contoh cara membaca pantunnya membuat siswa nya bisa dengan mudah membaca pantun dengan baik sesuai intonasinya.
Nama : Taufik Faris Bahtiar
NIM: 858927742
Pembelajaran yang berlangsung pada video pembelajaran tersebut sudah sangat kondusif, akan tetapi masih adanya kelemahan dalam video pembelajaran tersebut. Kelemahan yang saya dapat pada video pembelajaran tersebut seperti, dalam video tersebut guru tidak mengucapkan salam pada awal pembelajaran,guru tidak mengajak berdoa pada awal pembelajaran,guru tidak mengecek kehadiran peserta didik,penjelasan guru kurang rinci dan ada satu permintaan siswa yang diabaikan. Namun, pada video pembelajaran tersebut masih sangat banyak kelebihan yang ada di dalam video, kelebihan tersebut seperti,suasana kelas berlangsung kondusif,guru menguasai materi yang diajarkan,peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal unik juga saya temukan dalam video pembelajaran yaitu, guru mempersilahkan peserta didik untuk membacakan pantun di depan kelas secara berpasangan sehingga dapat melatih kepercayaan diri peserta didik dan tidak mudah bosan. Solusi yang bisa saya berikan pada video pembelajaran tersebut adalah, guru harus merencanakan pembelajaran lebih baik lagi dengan menyertakan kegiatan awal pembelajaran, serta guru juga lebih responsif apabila ada pertanyaan atau permintaan dari peserta didik
Nama : Rama Magribiantoro
Nim : 858918467
Pokjar : Kalisat 6A
Refleksi : Pada pembelajaran tentang ‘Belajar Membaca Puisi’ tersebut sudah cukup baik, para siswa juga kondusif dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Peran guru pada video tersebut juga sudah cukup baik, menjelaskan secara rinci mengenai Puisi, dari cara intonasi dalam puisi sampai pada mempraktikkan secara langsung cara membacanya dengan memunjuk siswa maju ke depan kelas untuk membacakannya. Namun pada pembelajaran tersebut ada kelebihan dan juga kekurangannya.
– Kekurangan: Pada awal pembelajaran guru tidak terlebih dahulu mengadakan berdoa sebelum pembelajaran, absensi dan kerapihan dari siswa-siswa itu sendiri. Dan juga sebelum memberikan pelajaran guru tidak terlebih dulu memberikan contoh bagaimana intonasi dalam puisi, maka dari itu pada pertengahan video ada beberapa siswa yang menanyakan pada guru ‘coba bapak memberikan contoh membacanya terlebih dahulu’.
Kelebihan: Guru sudah menjelaskan dengan baik materi pembelajaran dari membaca puisi itu sendiri, sajak dan intonasi juga dijelaskan dengan cukup baik. Penjelasannya juga sangat mudah di mengerti oleh peserta didik, tidak hanya memberikan materi namun juga langsung memberikan praktik kepada siswa yg mana itu tujuannya agar para siswa bisa lebih memahami materi membaca puisi tersebut.
Nama : Rama Magribiantoro
Nim : 858918467
Pokjar : Kalisat 6A
– Refleksi : Pada pembelajaran tentang ‘Belajar Membaca Pantun’ tersebut sudah cukup baik, para siswa juga kondusif dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Peran guru pada video tersebut juga sudah cukup baik, menjelaskan secara rinci mengenai Pantun dari cara intonasi dalam pantun sampai pada mempraktikkan secara langsung cara membacanya dengan memunjuk siswa maju ke depan kelas untuk membacakannya. Namun pada pembelajaran tersebut ada kelebihan dan juga kekurangannya.
– Kekurangan: Pada awal pembelajaran guru tidak terlebih dahulu mengadakan berdoa sebelum pembelajaran, absensi dan kerapihan dari siswa-siswa itu sendiri. Dan juga sebelum memberikan pelajaran guru tidak terlebih dulu memberikan contoh bagaimana intonasi dalam pantun, maka dari itu pada pertengahan video ada beberapa siswa yang menanyakan pada guru ‘coba bapak memberikan contoh membacanya terlebih dahulu’.
– Kelebihan: Guru sudah menjelaskan dengan baik materi pembelajaran dari membaca pantun itu sendiri, sajak dan intonasi juga dijelaskan dengan cukup baik. Penjelasannya juga sangat mudah di mengerti oleh peserta didik, tidak hanya memberikan materi namun juga langsung memberikan praktik kepada siswa yg mana itu tujuannya agar para siswa bisa lebih memahami materi membaca pantun tersebut.
NAMA : Nita Wiji Astutik
NIM : 856826685
UPBJJU : Bengkulu
Kelebihan dari pusi tersebut Jika saya lihat Peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajarannya jadi kelas terlihat sangat siap untuk melakukan pembelajaran, peserta didik juga sangat memperhatikan gurunya saat mencontohkan bagaimana cara membaca pantun yang baik. guru juga menjelaskan tentang prosedur membaca pantun tidak seperti membaca buku tetapi ada panjang pendek kalimatnya
kekuranganya diawal pembelajaran tadi guru tidak mempraktekan terlebih dalu kepada siswa tentang intonasinya. jadi siswa kurang mampu membaca pantun yang baik walupun sudah dicontohkan satu kepada guru mungkin ada beberapa siswa dikelas yang kurang memahaminya jadi pesan saya jangan hanya 1x mencontohkanya
Nama : Adi Saputra
Nim : 858048872
BERANDA
TENTANG GPO
KONTAK
LOGIN
X
Home / Seri Pembelajaran SD / Belajar Membaca Pantun
SERI PEMBELAJARAN SD
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.
–
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
–
–
Post navigation
PREVIOUS
Bagaimana Menulis Cerita?
NEXT
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
Similar Posts
75 Comments
Comments navigation
Older comments
Asma Nadia says:
April 27, 2024 at 8:45 pm
Nama : Asma Nadia
Nim : 877521655
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : SIANTAR
Menurut saya video diatas suasana kelas sudah sangat kondusif,siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang diberikan guru. Tetapi diawal pembelajaran tidak adanya kegiatan berdoa,bernyanyi wajib nasional,mengabsen siswa,menanya kabar ataupun ice breaking yang dilakukan guru untuk memulai kegiatan belajar.
Meskipun guru sudah memberikan pengertian tentang pelajaran yang sedang berlangsung,guru tidak mencontohkan terlebih dahulu kepada siswanya,langsung menyuruh siswa nya praktek membaca pantun. Namun,setelah diakhir guru memberikna contoh cara membaca pantunnya membuat siswa nya bisa dengan mudah membaca pantun dengan baik sesuai intonasinya.
Nama : Adi Saputra
Nim : 8584048872
Menurut saya video diatas suasana kelas sudah sangat kondusif,siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang diberikan guru. Tetapi diawal pembelajaran tidak adanya kegiatan berdoa,bernyanyi wajib nasional,mengabsen siswa,menanya kabar ataupun ice breaking yang dilakukan guru untuk memulai kegiatan belajar.
Meskipun guru sudah memberikan pengertian tentang pelajaran yang sedang berlangsung,guru tidak mencontohkan terlebih dahulu kepada siswanya,langsung menyuruh siswa nya praktek membaca pantun. Namun,setelah diakhir guru memberikna contoh cara membaca pantunnya membuat siswa nya bisa dengan mudah membaca pantun dengan baik sesuai intonasinya.