silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

140 Comments

  1. NAMA : CHOLIPAH
    NIM : 857780361
    UPBJJ-UT : SEMARANG

    Assalamu’alaikum,

    Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul ‘Belajar Membuat Pantun’ di atas.

    – Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan
    Para siswa merasa antusias dan senang terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru. Para siswa juga dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.

    – Kelemahan guru dalam video pembelajaran
    Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa pada saat mengawali pelajaran.
    Pada saat guru memberikan penjelasan mengenai kegiatan kelompok yang akan dilakukan, para siswa terlihat sibuk sendiri mengambil alat tulis dari dalam tas, dan terkesan tida memperhatikan penjelasan guru, dan guru tidak mengingatkan siswa untuk memperhatikan.
    Selain itu, selama proses pembelajaran, guru belum terlihat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Guru juga tidak memeriksa apakah siswa sudah paham dengan penjelasan ataupun instruksi yang diberikan. Pada bagian akhir pembelajaran, guru belum melakukan refleksi. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pembelajaran yang telah mereka ikuti pada hari tersebut. Beberapa hal tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih terasa berpusat pada guru, bukan siswa.

    – Kelebihan guru pada video pembelajaran tersebut.
    Guru dapat membawa suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, dengan memberikan banyak senyum. Guru juga sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran secara runtut. Pada bagian pendahuluan guru membuka pelajaran dengan salam, menyapa siswa, menanyakan siswa yang tidak masuk, menjelaskan materi pelajaran pada hari itu dan mengulas kembali materi sebelumnya.
    Guru juga dapat memanage kelas dengan baik. Selain itu guru sudah memberikan feedback atau umpan balik pada hasil pekerjaan kelompok siswa dengan memberikan pujian. Guru juga mengajak siswa lain untuk terlibat dalam mengapresiasi pekerjaan teman mereka dengan memberikan tepuk tangan.

    – Hal unik yang dapat dijumpai dalam video pembelajaran diatas.
    Guru sudah menunjukkan ketrampilan memberi penguatan yang sangat baik. Salah satu bentuk penguatan yang diberikan adalah pujian. Pujian tersebut dapat menambah kepercayaan diri siswa. Selain itu guru juga memiliki keterampilan menjelaskan yang baik.

    – Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar, selain itu guru juga sebaiknya memberikan waktu bagi para siswa untuk melakukan refleksi diri setelah kerja kelompok atau saat pelajaran selesai, agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna.

    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum.

  2. Sisi Indriani
    NIM. 856273943

    Dari vidio kesulitan menulis huruf suku kata dan kalimat yang ada dalam laman GPO yang saya tonton cukup sering saya temui karena saya pernah mengajar di kelas 1 yang siswanya mengalami kesulitan menulis suku kata dan kalimat, oleh karena itu saya harus bisa mengatasi dan mencari cara agar siswa tersebut bisa menulis huruf suku kata dan kalimat dengan secara perlahan dan bertahap sambil menganalisis kelamahan atau kesulitan mereka masing-masing sehingga kita dapat mendorongnya secara perlahan dan bertahap

  3. SISI INDRIANI
    NIM. 856273943
    Menurut saya Guru terebut sudah melakuka pembukaan awal pembelajaran dengan cara menabsensi siswa yang hadir dan juga mengulang kembali (sedikit) materi yang telah di ajarkan.
    Dan pada saat pembelajaran guru sudah memberikan penjelas mengenai bait sajak dan juga contoh dalam materi pantun sehingga siswa sudah banyak yang mengerti.
    Tapi dalam vidio tersebut guru kurang efektif dalam pembagian kelompok sehingga terjadi sedikit kegaduhan, menurut saya untuk mengatasi hal tersebut untuk pemebagian kelompok bisa di lakukan atau di bagi oleh guru tersebut.

  4. NAMA : ARDIYANSAH
    NIM : 856078357
    Program Studi : S1-PGSD
    POKJAR : BATAM
    Menurut analisis saya dari video Belajar Membuat Pantun yang sudah saya tonton:

    – Sang guru sudah melakukan tahap pertama dalam proses belajar yaitu pembukaan dengan menyapa para siswa dan menanyakan kehadiran.

    – Sang guru mereview pelajaran pada minggu lalu, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya.

    – Sang guru melakukan pembelajaran secara berkelompok sangat bagus, sehingga memperkuat solidaritas dan kerjasama terhadap teman-temannya. Pembelajaran akan lebih bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling bertukar pikiran dan ini sangat bagus untuk perkembangan anak di sekolah.

    – Menurut saya hal yang kurang efektif dalam proses belajar yaitu pembentukan kelompok. Sang guru terlihat agak kesulitan, karena para siswa di minta untuk membuat kelompok sendiri sehingga membuat keributan dalam penentuan kelompok. Alangkah baiknya guru saja yang membetuk kelompok tersebut sehingga anggota kelompok sama rata.

    – Menurut saya proses pembelajarannya sudah sangat bagus dan berjalan lancar. Karena para siswa diberikan tugas untuk melengkapi pantun dari guru, kemudian mereka membacakan ke depan kelas.

    Sekian analisis dari video yang sudah saya tonton.

    Terimakasih

  5. NAMA : Hotlida Sirait

    NIM : 856080425

    Program Studi : PGSD-S1

    Pokjar : Batam

    Izin menurut analisis saya dari video yang sudah saya simak:

    Bu guru sudah melakukan membuka kelas dengan menyapa para siswa dan mengabsen siswa. Bu guru mengulang pelajaran pada minggu lalu, walaupun sudah di sampaikan pada minggu lalu. Bu guru melaksanakan pembelajaran secara berkelompok sangat bagus, sehingga membuat siswa kerjasama dengan teman-temannya. Dari video yang di tonton yang kurang efektif dalam proses belajar yaitu pembentukan kelompok. Bu guru terlihat agak kesusahan, karena para siswa di minta untuk membuat kelompok sendiri sehingga membuat kekacauan dalam penentuan kelompok. Lebih baiknya guru saja yang membuat kelompok. Menurut pendapat saya dari video tersebut proses pembelajarannya sudah sangat bagus dan berjalan lancar. Karena para siswa diberikan tugas untuk melengkapi pantun dari guru, kemudian mereka membacakan ke depan kelas.

    Sekian analisis saya.

    Terimakasih

  6. Nama : Nurhamimah
    Nim : 859897628

    Assalamu’alaikum,

    Saya akan mencoba memberikan tanggapan pada video pembelajaran yang berjudul ‘Belajar Membuat Pantun’ di atas.

    – Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan
    Para siswa merasa antusias dan senang terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut. mereka merasa nyaman dengan suasana belajar yang dibangun oleh guru. Para siswa juga dapat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib.

    – Kelemahan guru dalam video pembelajaran
    Pada bagian pendahuluan, guru belum mengajak para siswa untuk berdoa pada saat mengawali pelajaran.
    Pada saat guru memberikan penjelasan mengenai kegiatan kelompok yang akan dilakukan, para siswa terlihat sibuk sendiri mengambil alat tulis dari dalam tas, dan terkesan tida memperhatikan penjelasan guru, dan guru tidak mengingatkan siswa untuk memperhatikan.
    Selain itu, selama proses pembelajaran, guru belum terlihat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Guru juga tidak memeriksa apakah siswa sudah paham dengan penjelasan ataupun instruksi yang diberikan. Pada bagian akhir pembelajaran, guru belum melakukan refleksi. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pembelajaran yang telah mereka ikuti pada hari tersebut. Beberapa hal tersebut menyebabkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih terasa berpusat pada guru, bukan siswa.

    – Kelebihan guru pada video pembelajaran tersebut.
    Guru dapat membawa suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, dengan memberikan banyak senyum. Guru juga sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran secara runtut. Pada bagian pendahuluan guru membuka pelajaran dengan salam, menyapa siswa, menanyakan siswa yang tidak masuk, menjelaskan materi pelajaran pada hari itu dan mengulas kembali materi sebelumnya.
    Guru juga dapat memanage kelas dengan baik. Selain itu guru sudah memberikan feedback atau umpan balik pada hasil pekerjaan kelompok siswa dengan memberikan pujian. Guru juga mengajak siswa lain untuk terlibat dalam mengapresiasi pekerjaan teman mereka dengan memberikan tepuk tangan.

    – Hal unik yang dapat dijumpai dalam video pembelajaran diatas.
    Guru sudah menunjukkan ketrampilan memberi penguatan yang sangat baik. Salah satu bentuk penguatan yang diberikan adalah pujian. Pujian tersebut dapat menambah kepercayaan diri siswa. Selain itu guru juga memiliki keterampilan menjelaskan yang baik.

    – Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Agar kualitas pembelajaran dalam video tersebut dapat meningkat, mungkin guru dapat melengkapi langkah-langkah pembelajarannya. Guru bisa mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar, selain itu guru juga sebaiknya memberikan waktu bagi para siswa untuk melakukan refleksi diri setelah kerja kelompok atau saat pelajaran selesai, agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna.

    Terima kasih.

  7. nama : sarda aprilia eka prabowo
    nim : 858774006
    Pokjar : Kota kediri
    menurut pendapat saya dari hasil analisis vidio diatas :
    1. Reaksi siswa pada pembelajaran sudah baik. Siswa antusias dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru.Siswa turut aktif dalam proses belajar dan percaya diri dalam menyampaikan karangannya di depan kelas.
    2. kelemahan dari pembelajaran dimana ketika membuka pembelajaran guru belum mengajak siswa untuk berdoa dan melakukan apersepsi untuk melihat kesiapan belajar siswa. pada inti kegiatan belajar guru juga tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya. pada akhir pembelajaran guru juga tidak mengajak siswa untuk berdoa
    3. kelebihan dari pembelajaran ialah guru mampu menciptakan suasan kelas yang menyenangkan bagi siswa. Guru mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajarnya dengan melakukan kerja kelompok dan menyampaikan jawaban di depan kelas lalu memberikan apresiasi dengan meminta siswa lain bertepuk tangan atas hasil presentasi kelompok lain.

  8. Nama : Tika Ernawati Panjaitan
    Nim : 856098936
    Pokjar : Taput
    Setelah saya mengamati dan menganalisis video tersebut ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang harus kita perbaiki .
    Dari segi kelebihan : Guru membuka kelas dengan suara yang jelas sehingga membuat peserta didik semangat untuk mendengar pengarahan dari guru.
    Guru mampu menciptakan suasana kelas yang aktif dan kondusif sehingga siswa dalam kegiatan pembelajaran nya bersemangat dan dapat menerima pelajaran dari guru nya.Dalam pembagian kelompok nya juga bagus sehingga peserta didik dapat mengapresiasikan tugas nya dan menampilkan nya di depan kelas guru juga mampu me menghidupkan kelas pada saat proses pembelajaran.
    Dari segi kelemahan : pada bagian pembukaan belum sesuai karena guru tidak memulai pembelajaran nya dengan berdoa. Guru tidak menanyakan kabar peserta didik.

  9. NAMA : SINTA NURIA RAHMAWATI
    NIM : 858784236
    POKJAR : KEDIRI KOTA

    Dalam Video tersebut sudah bagus banyak kelebihannya, tetapi juga terdapat kelemahan dalam kegiatan yang terdapat di video tersebut

    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Pada kegiatan pembukaan pelajaran guru tidak menerapkan membaca do’a terlebih dahulu untuk menunjukan dan menanamkan aspek religi pada diri siswa
    b. Guru tidak memberikan apersepsis untuk melihat kesiapan belajar siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
    c. Pada kegiatan inti guru tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya
    d. Sebelum memberi tugas, guru tidak tidak menyampaikan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia pada hari itu dan tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
    e. Saat memberi perintah kepada siswanya untuk membentuk kelompok sendiri, kelas menjadi tidak kondusif. Seharusnya guru dari awal sudah membaginya sendiri, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu siswanya membentuk kelompok.
    f. Guru hanya mengandalkan satu media saja, yaitu papan tulis. Sebaiknya jika guru memberi tugas, guru dapat memanfaatkan media yaitu alat penilaian berupa LKPD
    g. Pada akhir pembelajaran, guru tidak memberi kesimpulan materi dan tidak ada salam maupun memberitahu materi yang akan dibahas besoknya
    h. Guru tidak menerapkan berdo’a setelah kegiatan pembelejaran selesai

    Klebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Keterampilan mengajar guru sudah baik. Guru sudah melakukan kegiatan awal dalam pembelajarannya, berupa ucapan salam, menyapa anak-anak, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan materi yang akan dipelajari pada hari itu, dan memberikan motivasi berupa kalimat “Ibu yakin kalian pasti bisa! kalian kan pintar!”.
    b. Guru sudah baik dalam menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan sehingga siswa bersemangat belajar
    c. Dalam penyampaian materi guru sudah melakukan dengan baik dan jelas serta guru memberikan stimulus berupa membahas materi yang lalu berupa ciri-ciri pantun
    d. Guru dalam penyampaian materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
    e. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat dan hasil pantun yang mereka buat.
    f. Guru baik dalam memberikan umpan balik kepada siswa dan memberikan apresiasi dengan meminta siswa memberikan tepuk tangan pada hasil jawaban temannya
    g. Pada kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan guru sudah baik denga memberikan motivasi pada siswa agar rajin berlatih.

    Terimakasih…

  10. Nama : Tutut Rahayu
    NIM : 857625678
    Prodi : S1 PDSG
    UPBJJ UT : Purwokerto

    Izin menanggapi vidio pembelajaran membuat pantun pada kelas IV
    Menurut saya secara keseluruhan sudah bagus, namun ada beberapa bagaian yang menurut saya kurang, seperti
    1. Pada pendahuluan/pembukaan guru belum meminta muridnya untuk berdoa terlebih dahulu
    2. Guru belum mengulas secara singkat pembelajaran sebelumnya
    3. Kurangnya media pembelajaran, jadi siswa masih bingung untuk menentukan mana larik mana sampiran
    4. Belum adanya ice breaking untuk menambah semangat anak-anak
    Meskipun masih ada beberapa kekurangan vidio pembelajaran ini sangat baik, dapat menginspirasi calon-calon guru bagaimana caranya mengajar

Leave a Reply