silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

374 Comments

  1. Nama : Moh. Asril Hermansyah
    Nim : 858691813
    pada pembelajaran hendaknya lebih dijelaskan lagi konsep arah mata angin. sehingga anak-anak lebih memahami lebih mendalam. Sehingga ketika dipraktikkan anak-anak bisa belajar secara efektif.
    Mungkin dengan memulai dengan anekdot atau pertanyaan menarik terkait arah mata angin, itu bisa membuat siswa lebih terlibat sejak awal. Terima kasih atas konten yang bermanfaat!.

  2. Nama : Esterlina
    Nim : 859821684
    UPBJJ : Kendari
    Pokjar : Kendari
    Setelah saya menonton video tentang Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin:
    1.Pada video tersebut tidak ada kegiatan apersepsi pada kegiatan awal
    2. Pada awal pembelajaran siswa tidak dapat menjelaskan arah mata angin
    3.Cara guru yang mengajak siswa untuk keluar kelas sangat bagus untuk mengajarkan kepada siswa arah mata angin dengan cara praktek
    4.Pada video tersebut guru tidak menggunakan media,dan seharusnya guru menggunakan media agar siswa lebih mudah mengetahui arah mata angin

  3. Nama : Nur Grahayul

    Nim : 859762534

    Pada saat memulai pembelajaran hendaknya mengajarkan pada anak anak untuk mengucapkan salam terlebih dahulu dan untuk memulai pembelajaran hendaknya berdoa sesuai agama masing-masing.ini di terapkan sejak usia dini agar bisa membentuk karakter siswa itu sendiri.

    Lalu pada awal video pembelajaran murid merasa bingung dengan pertanyaan yang di lontarkan oleh seorang guru dikarnakan guru tersebut hanya memberi penjelasan sekilas saja tentang arah mata angin itu.

    Kemudian guru tersebut langsung melalukan evaluasi pembelajaran yang di lakukan pada luar ruangan dengan tujuan agar siswa didiknya mudah memahami apa yang ibu guru ajarkan.
    Terbukti saat para siswa belajar di luar ruangan mereka lebih mudah menentuhkan arah mata angin.

    Saran saya agar peserta didik memahami apa yang di sampaikan guru tanpa harus melakukan evaluasi di luar kelas.guru harus menggunakan media berupa gambar yang menunjuhkan arah.

  4. Nama: Fitriana
    Nim. : 858071722
    Kls/smtr: A/6

    Setelah saya menonton video tersebut.
    Tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Pertama,Pada video tersebut tidak ada kegiatan apersepsi pada kegiatan awal seperti sebelum memulai pembelajaran hendaknya berdoa menurut agama masing²
    Kedua,Pada pembelajaran siswa tidak dapat menjelaskan arah mata angin
    Ketiga,dengan Cara guru yang mengajak siswa untuk keluar kelas sangat bagus untuk mengajarkan kepada siswa arah mata angin dengan cara praktek
    Keempat,Pada video tersebut guru tidak menggunakan media pembelajaran,karna jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut akan lebih mudah di mengerti dan siswa akan mudah menentukan arah angin.

Leave a Reply