Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.

Similar Posts

126 Comments

  1. Nama : Invita Ades Prastika
    NIM : 501202134
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Jakarta

    Yang saya pelajari dari video ini adalah bagaimana belajar mengembangkan keterampilan speaking mengenai profession. Pada video tersebut guru memberikan pertanyaan pemantik tentang macam-macam profesi yang mereka ketahui, setelah itu guru memberikan LK (Lembar Kerja) untuk complete sentence. Setelah itu setiap siswa maju kedepan untuk menyampaikan hasil jawaban mereka masing-masing. Manfaat yang saya dapatkan setelah menonton video ini guru dapat meningkatkan kemampuan skill siswa dalam keterampilan speaking. Masukannya video ini perlu durasi lebih lama dan dijelaskan dari awal pembelajaran ini menggunakan metode apa, topik apa dan kelas berapa seperti video-video pembelajaran dimasa sekarang. Dijelaskan apa saja tahapan kegiatan awal, inti, dan penutup.

  2. Nama : Buniks Rehulina Sitepu
    NIM : 501573827
    Prodi : Magister Pendidikan dasar
    Topik profession merupakan topik yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa. Siswa dapat belajar tentang berbagai jenis pekerjaan, tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, serta keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di bidang tersebut.
    Berikut adalah beberapa manfaat dari teknik bahasa Inggris keterampilan berbicara siswa melalui topik profession:
    • Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Topik profession merupakan topik yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa. Hal ini
    dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.
    • Membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Topik profession dapat memberikan siswa banyak kesempatan untuk berlatih
    berbicara bahasa Inggris. Siswa dapat belajar bagaimana menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif.
    • Membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia kerja. Topik profession dapat memberikan siswa wawasan tentang berbagai jenis
    yang ada di dunia. Hal ini dapat membantu siswa untuk membuat keputusan yang tepat tentang masa depan mereka.

  3. Nama : Ninis Wahyuni
    NIM : 501322883
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Surabaya

    Peserta didik dapat belajar cara mengembangkan keterampilan berbicara (speaking) terkait dengan profesi. Mereka juga dapat belajar cara menyampaikan ambisi atau cita-cita mereka secara lisan di depan kelas. Selain itu, peserta didik juga dapat belajar cara mengungkapkan alasan di balik ambisi atau cita-cita mereka.

    Saran saya adalah guru meminta peserta didik untuk berlatih berbicara di depan kelas tentang ambisi atau cita-cita mereka. Guru dapat memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Selain itu, guru juga dapat memberikan contoh-contoh yang relevan untuk memberikan inspirasi kepada peserta didik.

  4. Nama : Aswin Rizky Della
    NIM : 501343088
    UPBJJ : Jember

    Manfaat dari metode pembelajaran yang diperlihatkan dalam video tersebut. Memang, kombinasi antara guided writing dan kesempatan untuk berbicara di depan kelas memiliki banyak keuntungan, terutama dalam pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Berikut adalah beberapa tambahan dan pemahaman lebih lanjut terkait manfaat yang Anda sebutkan:

    1. Pengembangan Keterampilan Berbicara:
    Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara di depan kelas, guru menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan berbicara. Ini tidak hanya melibatkan kemampuan mereka untuk menggunakan kosakata dan struktur kalimat dengan benar tetapi juga untuk menyampaikan ide dengan jelas dan efektif.
    2. Guided Writing Sebagai Landasan:
    Guided writing memberikan landasan yang struktural untuk siswa, membantu mereka memahami bagaimana menyusun kalimat dengan benar dan relevan dengan topik tertentu. Ini memberikan pondasi yang kuat untuk pengembangan kemampuan menulis mereka.
    3. Meningkatkan Kemampuan Bercerita:
    Proses menyampaikan cerita di depan kelas mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan bercerita mereka. Mereka belajar untuk menyusun gagasan mereka secara logis, mengaitkan peristiwa, dan membuat narasi yang koheren.
    4. Keterampilan Presentasi dan Kepercayaan Diri:
    Melibatkan siswa dalam presentasi di depan kelas membantu mereka melatih keterampilan presentasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Ini adalah keterampilan yang penting tidak hanya dalam konteks bahasa Inggris tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan karir di masa depan.
    5. Penggunaan Bahasa dalam Konteks Nyata:
    Dengan menekankan pada topik profesi dan mengajak siswa untuk berbicara tentang hal itu, pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan relevan. Siswa dapat mengaitkan bahasa yang mereka pelajari dengan situasi kehidupan nyata.
    6. Meningkatkan Keterlibatan dan Antusiasme:
    Dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan antusias, guru dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Siswa yang aktif terlibat cenderung lebih bersemangat untuk belajar dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka.
    Pendekatan ini tidak hanya membantu siswa dalam menguasai keterampilan bahasa Inggris, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk berbicara dan berkomunikasi dengan percaya diri dalam berbagai situasi di masa depan.

  5. Nama : Yuwana Dhian Marta
    NIM : 501332877
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Malang

    Manfaat : Kegiatan pembelajaran dilaksanakan guru dengan menggunakan gagasan tertulis yang harus dijelaskan secara lisan (menulis terbimbing).
    Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan berbicaranya dengan bercerita tentang teks tertulis, terutama pada sesi menulis terbimbing.
    Panduan sering kali mencakup solusi untuk masalah umum atau kendala yang mungkin dihadapi oleh pengguna. Ini membantu pengguna memecahkan masalah secara mandiri tanpa harus mencari bantuan tambahan.

  6. Nama : Ninda Karima
    NIM : 501201963
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Jakarta

    Berdasarkan tayangan video pembelajaran Bahasa Inggris di SMP tersebut, pendekatan yang digunakan sangatlah interaktif. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berpartisipasi dengan menyampaikan cita-cita mereka. Topik pembelajaran tidak hanya disajikan secara umum, tetapi langsung berkaitan dengan kehidupan dan minat peserta didik, menciptakan keterkaitan yang erat dengan konteks sehari-hari. Saran saya, sebagai langkah untuk mencegah kebosanan, penggunaan media pembelajaran juga dijaga agar lebih variatif, sehingga siswa merasa terlibat dan tertarik dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris nantinya, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dan bersemangat dalam mengembangkan keterampilan berbahasa.

Leave a Reply