Similar Posts
Luas Layang-Layang
Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan kepada kita bagaimana seharusnya guru menurunkan rumus luas layang-layang dengan bantuan alat peraga yang dibuat dari kertas manila atau sejenisnya, dimana dalam menurunkan rumus tersebut guru melibatkan siswa secara aktif. – Pakar Dosen – Pakar Guru –
I Have a Dream
Sinopsis Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa…
Model Guided Discovey Learning pada Materi Getaran dan Gelombang
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Keaktifan dan kemandirian siswa adalah salah satu kunci dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memanfaatan alat peraga ataupun laboratorium sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Di era teknologi, guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar memudahkan siswa…
Practices Make Perfect
Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Penggalan pertama video ini menayangkan seorang guru yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan beberapa kosa kata yang berhubungan dengan fruit dan vegetable. Akibatnya guru tersebut salah dalam mengucapkan kata-kata tersebut. Dalam penggalan berikutnya dari video ini ditayangkan bagaimana guru menyiapkan diri…
Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping
Sinopsis Pelajaran IPS mengenai ekonomi kadang masih kurang menarik bagi siswa, sehingga guru mengalami kesulitan untuk mengaktifkan siswa. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru untuk menarik perhatian, dan agar siswa menjadi senang belajar mengenai sistem perekonomian Indonesia. Salah satu alternatif pembelajaran pada tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siwa untuk…
Fenomena sifat Koligatif Larutan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Penerapan sifat koligatif larutan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengamati dengan teliti fenomena sifat koligatif larutan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang sifat koligatif larutan dan rasa ingin tahu terhadap permasalahan di sekitar. Sedangkan kepekaan terhadap fenomena fisik alamiah diharapkan dapat meningkatkan daya nalar untuk…
Nama: Abdul Aziz
NIM: 043866133
Prodi: Pendidikan Matematika
UPBJJ : Medan
Selamat siang. Izinkan saya menyampaikan pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut.
Menurut saya:
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut semuanya antusias mengikuti pembelajaran. Semua siswa aktif dan terlihat senang belajar secara berkelompok.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu:
– Guru tersebut tidak bertanya kepada siswa tentang hal apa saja yang masih diingat di pembelajaran pertemuan sebelumnya.
– Guru tersebut tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang dilakukan.
– Guru tersebut menerapkan model discovery learning dalam pembelajarannya, namun guru tersebut terlalu banyak memberikan arahan, siswa tidak diberikan kesempatan/kebebasan untuk mencari sendiri cara membuktikan besar sudut suatu segitiga bersama kelompoknya.
– Guru tidak memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan ataupun pertanyaan kepada kelompok yang diminta untuk presentasi hasil kerjanya.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah:
– Guru tersebut mampu mengontrol kondisi belajar siswa dengan sangat baik dan menyampaikan materi ajarnya dengan suara yang lantang sehingga jelas didengar anak.
– Guru tersebut menerapkan model discovery learning dalam pembelajarannya agar anak-anak menemukan cara bagaimana jumlah ukuran sudut dalam suatu segitiga ditemukan.
– Penyampaian materi oleh guru tersebut sangat mudah dipahami siswa.
– Guru memberikan kesempatan kepada beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya: membuktikan bahwa jumlah ketiga sudut suatu setiga adalah 180 derajat.
4. Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah di menit ke 4.28 dimana guru tersebut meminta ke salah satu peserta didik untuk menjelaskan bagaimana cara membuktikan besar sudut segitiga, namun siswa tersebut tidak diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas (karton tidak ditempel di papan tulis) sehingga siswa di kelompok lain tidak bisa memberikan penilaian dan melihat apakah hasil kerja yang memprentasikan perlu diberikan tanggapan atau tidak.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah:
1. Guru mengajak siswa berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
2. Guru dapat bertanya kembali kepada siswanya apakah mereka masih mengingat materi yang telah diajarkan (jika materi tersebut dihabiskan dalam beberapa pertemuan).
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4. Guru harus memberikan kebebasan dan kesempatan kepada siswanya untuk mencari pengetahuannya sendiri dari berbagai sumber, guru hanya memfasilitasi kebutuhan belajar siswa.
5. Pembelajaran harus beroritentasi kepada siswa (Student as learning center) bukan berorientasi ke guru.
6. Sebaiknya guru tersebut dapat mengajak kelompok lain untuk saling memberikan tanggapan ataupun penilaian terhadap hasil kerja temannya yang lain agar kegiatan belajar secara grup lebih hidup.
Nama : Ade Irma Suriani
NIM 020647297
Jurusan Pendidikan Matematika
Menurut saya setelah melihat video tentang menentukan konsep jumlah ukuran sudut
Kelebihannya
1. Siswa antusias dalam berdiskusi
2. Siswa aktif bekerja sama dan berdiskusi.
3. Terlihatnya suasana belajar yang menyenangkan.
4. Guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam brlajar menemykan konsep besar sudut segitiga.
Kelemahan
1. Guru tidak melakukan apersepsi
2. Guru tidak menyampaikan manfaat mempelajari sudut sefitiga dalam kehidupan sehari-hari.
3. Guru kurang memberikan kesempatan kepada kelompok lain dalam memberikan tanggapan dari presentasi temannya