silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

318 Comments

  1. Nama : Wiwik Nurhayati
    Nim : 859642393
    Dalam video menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Kelemahan dalam video pembelajaran tidak diawali dengan kegiatan awal. Seperti berdoa terlebih dahulu, menyampaikan tujuan pembelajaran. Selain itu guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berani menjawab pertanyaan. Kelebihan dalam video yaitu pembelajaran menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran. Keunikan dalam video : siswa lain bersorak huu ketika temannya menjawab salah. Solusi yang di tawarkan untuk mengatasi masalah ini yaitu Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
    Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
    Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

  2. NAMA : SULASMI
    NIM : 858065901
    UPBJJ : PONTIANAK
    1. Reaksi siswa pada saat proses pembelajaran tersebut ada yang bingung karena penjelasana materi yang belum terlalu detail sehingga ada siswa yang menjawab pertanyaan tidak sesuai yang diharapkan mereka merasa asing dengan materi yang digunakan sangat asing dan jauh dari duni anak.
    2. Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu tidak memberikan kegiatan pembuka seperti . Kegiatan pembuka seperti menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu kemudian tidak menjelaskan materi terlebih dahulu tidak langsung memberikan tugas menulisnya langsung. Guru tersebut juga tidak memberikan contoh langsung yang ada disekitar sekolah/dalam kehidupan sehari-hari
    3. Kelebihan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menampilkan media pembelajaran sehingga anak-anak memahami secara materi dan contoh konkretnya dan membuat beberapa anak aktif untuk mengikukti pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan sangat sesuai yaitu tanya jawab dan metode demonstrassi
    4. Hal unik yang ada pada pembelajaran adalah saat anak-anak sangat antusias ketika dipersilahkan menceritakan pengalamannya sesuai dengan materi dengan senag dan semangat.
    5. Upaya yang dapat dilakukan yaitu mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa, meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita apa yang dilihatnya

  3. NAMA : FARAH TAZKIA R
    NIM : 858571554
    POKJAR : AL HUDA KEDIRI

    Assalamualaikum wr wb.
    Mohon izin menanggapi video tersebut.
    Soal
    1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    4) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Jawab
    1) Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan berbagi pengalaman dan contoh kontekstual. Hal ini dapat merangsang minat dan keinginan siswa untuk belajar. Secara umum respon siswa sangat positif, terlihat antusiasme dan partisipasi aktif.
    2) Kalimat guru tidak jelas dan sulit dipahami, seperti:
    a) Tata bahasa dan struktur kalimat yang digunakan guru tampaknya salah dan membingungkan.
    b) Guru tidak menjelaskan pelajaran dengan cukup baik.
    c) Guru memberikan pengajaran langsung kepada siswa tanpa terlebih dahulu memperkenalkan atau menjelaskan materi.
    d) Guru tidak memeriksa apakah siswa memahami materi yang disampaikan. Segera setelah guru menyelesaikan pengajaran, lanjutkan ke topik berikutnya.
    e) Guru tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi. Interaksi antara guru dan siswa biasanya bersifat sepihak.
    f) Guru kesulitan mengelola kelas hingga suasana kelas menjadi berisik dan tidak kondusif untuk pembelajaran.
    3) Guru mendorong siswa untuk menghargai alam dengan menjaga dan melestarikannya. Lahir dari seruan seorang guru kepada siswanya untuk menjaga alam, baik buatan manusia maupun bukan buatan manusia.
    a) Guru mendorong siswa untuk berempati dan memperhatikan orang lain dengan membangun hubungan baik antar manusia. Hal ini terlihat dari permintaan guru kepada siswa untuk bersikap baik terhadap wisatawan dan saling menghargai perbedaan.
    b) Memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini terlihat dari cara guru mendorong siswa untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman.
    c) Guru dapat menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari. Hal ini terlihat ketika guru bertanya kepada siswa tentang tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi.
    d) Guru dapat mengajarkan materi secara sistematis dan berurutan. Hal ini terlihat pada alur pemberian materi dari umum ke khusus.
    4) Guru menggunakan pendekatan kreatif dan kontekstual dengan menghubungkan konsep akademik dengan contoh dari pengalaman dan lingkungan siswa. Guru juga berusaha mendorong imajinasi dan wawasan siswa melalui analogi yang digunakan.
    5) Guru perlu meningkatkan teknik bertanya agar pertanyaan lebih spesifik dan terfokus pada topik pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan hendaknya mendorong siswa untuk berpikir kritis.
    a) Guru harus lebih interaktif ketika memimpin diskusi kelompok. Selama diskusi, guru harus berkeliling dan memastikan bahwa semua anggota kelompok berpartisipasi secara aktif.
    b) Guru harus memperkuat kegiatan di mana siswa berpartisipasi secara aktif, seperti: Presentasi, Permainan, Demonstrasi, dan Kegiatan Komunitas Lainnya. Hal ini meningkatkan keterlibatan siswa.
    c) Sebaiknya guru menggunakan metode dan media pembelajaran yang lebih beragam agar siswa tidak bosan. Misalnya saja menggunakan media visual, audio, video, alat peraga, dan sebagainya.
    d) Guru hendaknya meningkatkan umpan balik dan penguatan sebagai respons terhadap tanggapan siswa dan partisipasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

  4. Nama : Jois Septiana Gesti Sabrina
    NIM : 858571142
    Setelah menonton video tersebut,ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajar seperti berikut :
    1. Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran menggunakan pendahuluan/salam pembuka,menanyakan kabar,absen kehadiran,apresiasi,dan literasi membaca buku.
    2. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang nyata sesuai dengan kondisi lingkungan alam di sekolah.
    3. Guru sudah berusaha dengan baik menggunakan media yang baik dengan peta.
    4. Guru tidak melakukan refleksi pembelajaran tanpa ada kesimpulan dan penutup

  5. Nama : kiki puspita dewi
    Nim : 856022043
    Materi Video : Kenampakan Alam

    Menurut pendapat saya pada video pembelajaran yang telah saya lihat mengenai materi kenampakan alam terlihat dalam video pada awal pembelajaran guru tidak mengawalinya dengan kegiatan salam pembuka maupun doa tetapi langsung kepada kegiatan inti yaitu menyampaikan materi pembelajaran juga dapat dilohat pada video pembelajaran siswa diminta untuk menjelaskan kenampakan alam dinegara Mesir Negara yang bahkan terlihat asing bagi anak sekolah dasar. Selain itu dalam video terlihat guru menggunakan media gambar namun terlihat sangat kecil sehingga sulit dilihat oleh siswa yang duduk dibelakang. Maka dari itu alanglah baiknya guru tersebut menggunakan infokus untuk menampilkan materi kenampakan alam dan lebih baik membahas tentang daerah sekitar yg bisa dengan mudah untuk di analisa oleh siswa mengenai kenampakan alam apa yg sedang terjadi.

  6. Nama : Auliya Nur Arisa Ulfah
    NIM : 858540076
    Pokjar : Boja
    UPBJJ : Semarang
    Video yang diamati : Kenampakan Alam

    Mohon izin untuk menanggapi video diatas.
    Pada awal video, guru seharusnya mengawali pembelajaran dengan kenampakan alam yang paling dekat dengan siswa. Misalnya, kenampakan alam sekitar lingkungan sekolah atau daerah siswa, terdapat apa saja. Guru kemudian bisa meminta siswa menceritakan kenampakan alam seperti apa saja yang ada di sekitar. Guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok pengamatan untuk materi kenampakan alam tersebut. Dengan harapan, siswa dapat lebih memahami pokok ajar yang ingin dicapai.

  7. Nama : Ezri Wasti Novia Gori
    Pokja UT Medan – Idanogawo

    Menurut saya, video mengajar yang dilakukan guru tersebut kurang maksimal.
    Dalam video tersebut, guru langsung menyampaikan materi yang akan dipelajari. Menggunakan media peta kenampakan alam yang belum diketahui oleh peserta didik, dan guru langsung menugaskan peserta didik mengenai peta kenampakan alam yang belum diketahui dan tanpa dijelaskan terlebih dahulu.

    Saran saya, pada saat memulai pembelajaran terlebih dahulu dilakukan menyapa/ memberi salam, berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran, bisa mengajak peserta didik bernyanyi/ melakukan ice breaking agar suasana kelas hidup, memberi motivasi kepada peserta didik. Selain itu, guru bisa menjelaskan secara singkat kepada peserta didik agar peserta didik tidak bingung.
    Lebih baiknya, jika guru mengambil contoh yang dekat yang mudah diketahui oleh peserta didik. Seperti, Lingkungan sekitar atau pengalaman perjalanan peserta didik ke daerah lain sehingga peserta didik mudah menjelaskan dan mengerti tentang kenampaka alam yang ada.

    Guru juga dapat menggunakan media / alat bantu untuk menjelaskan materi pembelajaran kenampakan alam seperti video di youtube, infocus, mengajak peserta didik keliling sekolah / lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Guru juga perlu melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan, memberi tugas, dan menutup pembelajaran sebagaimana mestinya.

  8. Rizky Kurniawan
    856573427

    Pada awal pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru, hal ini terjadi karena guru tidak menjelaskan materi yang akan disampaikan, siswa langsung diminta untuk mengamati apa yang jarang dilihatnya.
    Setelah melakukan perbaikan, guru memulai pembelajaran berdasarkan pengalaman siswa yang berkaitan dengan kenampakan alam yang pernah di lihat nya, hal ini dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dan proses pembelajaran lebih baik

Leave a Reply