silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola ritmik lagu tersebut untuk ditempel di papan tulis. Pada pembelajaran topik ini guru sering menyuruh anak langsung memainkan lagu dalam partitur tersebut, tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik tersebut 

Keseluruhan bagus dilihat dari cara membuka dan memberitahu tujuan pembelajaran dll.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

14 Comments

  1. NAMA : DWI BAYU SEPTIHADI
    NIM : 858422818
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : 50/SAMARINDA
    POKJAR : NABILA RAHADATUL
    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Setelah saya melihat video di atas, saya melihat para siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut saya kekurangan Bapak guru dalam melakukan pembelajaran yaitu di awal video Pak Guru tidak melakukan kegiatan seperti baca doa sebelum belajar dan langsung masuk di materi pembelajaran “memainkan alat musik ritmis dan melodi” dan di akhir video tidak ada kegiatan penutupnya, yaitu kegiatan refleksi dan membaca doa akhir pembelajaran.
    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan Bapak guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Bapak guru membagi kelompok sesuai dengan alat musik yang di gunakan oleh para siswa agar praktek memainkan alat musik berjalan lancar.
    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – Saya melihat dalam video tersebut guru mengajak siswa yang sesuai dengan kelompoknya untuk melakukan praktek memainkan alat musik yang sesuai dengan partitut notnya.
    – Setelah guru melakukan arahan memainkan alat musik sesuai dengan kelompoknya, guru mengajak untuk bersama memainkan alat musik dengan arahan guru dan menggunakan partiture notnya.
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Menurut saya upaya kedepannya yaitu dari semua kegiatan sudah baik, hanya di bagian penutupnya tidak ada kegiatan seperti kegiatan refleksi seperti penyampaian hasil pembelajaran memainkan alat musik , dan membaca doa dan salam. Kedepannya sebaiknya setelah kegiatan pembelaran selesai, guru sebaiknya melakukan kegiatan refleksi atau tanya jawab kepada siswa tentang materi yang di pelajari.

  2. Nama : Winda Ningsih
    NIM : 857531991
    UPBJJ : Bandung
    Prodi/Sem : PGSD/6
    izin memberikan pendapat terhadap video pembelajaran mengenai “Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Pada video pembelajaran tersebut guru terlihat bersemangat dan mengatur murid dengan baik, misalnya pengelompokkan murid berdasarkan alat musik yang akan dimaikan, serta pemberian aba-aba ataupun instruksi memaikan alat musik secara bergantian antar kelompok alat musik, murid terlihat rapi dan teratur mengikuti instruksi dari guru. Namun di awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu alat musik ritmis dan alat musik melodis dengan begitu siswa akan mampu memaikan tapi tidak mengetahui apakah alat musik yang dimainkan termasuk ke dalam alat musik ritmis atau melodis.

  3. Nama : Ati Suciati
    NIM : 859664399
    UPBJJ : Bandung
    Prodi/Semester : PGSD/6
    izin memberikan pendapat terhadap video pembelajaran mengenai “Memaikan Alat Musik Ritmmis Maupun Melodis”. Berdasarkan analisis dalam video tersebut peserta didik terlihat nyaman, senang, dan kondusif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Di dalam video tersebut guru membagi peserta didik berdasarkan jenis alat musik yang digunakannya supaya memudahkan peserta didik didalam memainakan alat musik sesuai dengan partitur melodi yang telah dibagikan oleh guru tersebut.
    1. Kelemahan:
    – Guru seharusnya memberikan penjelasan yang jelas tentang pengertian alat musik ritmis dan melodis
    serta perbedaannya. Ini membantu siswa memahami konsep dasar sebelum mereka mulai memainkan
    alat musik tersebut.
    – Penting bagi guru untuk mendemonstrasikan cara memainkan alat musik secara praktis. Ini membantu
    siswa melihat dan mendengar bagaimana alat musik seharusnya dimainkan dengan benar.
    – Guru harus secara aktif memantau siswa ketika mereka berlatih atau memainkan alat musik. Ini
    termasuk memeriksa teknik mereka dan mendengarkan apakah ada kesalahan not atau ritme. Jika ada
    kesalahan, guru harus memberikan bimbingan dan koreksi yang sesuai.
    – Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang terbuka untuk pertanyaan dan diskusi. Siswa harus
    merasa nyaman untuk bertanya jika mereka tidak paham atau ingin berbicara tentang alat musik yang
    mereka pelajari.
    2. Kelebihan:
    – Komunikasi dan suara guru jelas dan dapat ditangkap oleh seluruh anak-anak
    – Guru mampu menggunakan perangkat bahasa lisan, gerak tubuh, dan ekspresi wajah dengan baik untuk
    menjelaskan konsep atau teknik kepada siswa. Ini membantu siswa memahami dengan lebih baik.
    – Guru tampaknya memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, dan ini tercermin dalam perhatian
    siswa selama proses pembelajaran. Kemampuan guru untuk mempertahankan perhatian siswa adalah
    kunci dalam pengajaran yang efektif.
    – Mengapresiasi siswa setelah mereka selesai belajar alat musik hal ini merupakan tindakan yang positif.
    Ini dapat meningkatkan motivasi siswa dan memberikan pengakuan atas usaha mereka.

  4. Nama : Verawati Purba Pak-pak
    Nim : 855834135
    Prodi/semester : FKIP/ 6
    Pokjar : Serdang Bedagai
    Upbjj : Medan

    Berdasarkan Analisis saya terhadap video diatas, siswa terlihat senang mengikuti materi yang akan diberikan. Beberapa kelemahan dan kelebihan dalam video pengajaran diatas adalah :

    1. Kelebihan
    * Guru mengelompokkan siswa sesuai dengan alat musiknya
    *Bergantian dalam Bermain alat musik yang berbeda-beda
    *Media yang digunakan sudah baik dan lengkap termasuk partitur yang akan di gunakan
    *Mengapresiasi siswa diakhir pembelajaran

    2. Kekurangan
    * Sebaiknya sebelum pembelajaran guru memberikan pertanyaan pemantik apa itu alat musik ritmis
    * Menjelaskan pengertian dan contoh alat musik ritmis
    *Terlebih dahulu mencontohkan cara bermain alat musik ritmis
    *Sebaiknya membuka sesi tanya jawab dan diskusi untuk mengetahui pemahaman siswa.
    *Aktif melihat siswa ketika siswa memainkan alat musik.
    *Terlihat tidak dilaksanakannya salam, doa dan refleksi ketika awal dan akhir pembelajaran.

Leave a Reply