silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

86 Comments

  1. Nama : Erlita Eviarti
    NIM : 856975343
    Pokjar : Kotaagung
    Analisis permasalahan dalam pembelajaran tersebut dari awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi, sehingga pembelajaran tidak kondusif.
    Guru kurang menguasai materi dan waktu pembelajaran. Terlihat belum sampai dengan inti pembelajaran sudah bel istirahat.
    Cara mengatasi permasalah tersebut guru harus mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan baik, mulai dari pra pembelajaran agar suasana kelas kondusif dan siswa memiliki motivasi dapat dilakukan kesepakan kelas. Guru dapat menggunakan media untuk menarik perhatian siswa.

  2. Nama : SURYA MAULANA ISTIAR
    NIM : 856470544
    POKJAR : PELALAWAN

    Menurut analisis saya tentang pembelajaran “membaca cerita secara bergilir” dengan judul cerita “timun mas” yaitu :
    1. guru tidak melakukan pembukaan seperti berdoa terlebih dahulu
    2. tujuan pembelajaran tidak di sampaikan oleh guru tersebut,
    3. guru tidak atau kurang menarik perhatian siswa, jadi siswa pada sibuk sendiri dan ribut dengan teman sebangku,
    4. kurang menguasai kelas
    5. banyak cerita sendiri tanpa melibatkan siswa, sehingga siswa jadi ribut dan tidak memperhatikan guru di depan
    6. kurangnya menajemen waktu. terlalu banyak cerita sampai pada akhirnya bel istirahat pun berbunyi

  3. izin menanggapi
    Setelah saya mengamati video tersebut, kesimpulan yang saya temukan mengenai kelebihan dan kekurangan yang saya amati didalam video tersebut adalah
    pertama yang saya amati kekurangannya antara lain adalah Kurangnya guru dalam mengajak siswa/siswinya dalam kereligi atau pun berdoa menurut agama dan kepercayaanya masing-masing, awal pembelajaran guru juga tidak melakukan pendahuluan di awal pembelajaran seperti menyapa menanyakan kabar ataupun absensi siswa serta memeriksa pakaian, Kurangnya melakukan ice breaking karna dalam suatu pembelajaran atau kelas bisa membantu siswa agar lebih semangat lagi dalam belajar sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dan kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik serta terlalu monoton dalam pembelajaran sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat siswa dalam belajar.

  4. NAMA :ELA DAHNIAR
    NIM :855856345
    izin menanggapi
    Setelah saya mengamati video tersebut, kesimpulan yang saya temukan mengenai kelebihan dan kekurangan yang saya amati didalam video tersebut adalah
    pertama yang saya amati kekurangannya antara lain adalah Kurangnya guru dalam mengajak siswa/siswinya dalam kereligi atau pun berdoa menurut agama dan kepercayaanya masing-masing, awal pembelajaran guru juga tidak melakukan pendahuluan di awal pembelajaran seperti menyapa menanyakan kabar ataupun absensi siswa serta memeriksa pakaian, Kurangnya melakukan ice breaking karna dalam suatu pembelajaran atau kelas bisa membantu siswa agar lebih semangat lagi dalam belajar sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan dan kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik serta terlalu monoton dalam pembelajaran sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat siswa dalam belajar.

  5. Nama : Irna sari siregar
    Nim : 856028843
    Upbjj : Medan

    Assalamualaikum…

    Setelah saya melihat serta mengamati video tersebut,media maupun metode yang digunakan guru tersebut sudah cukup baik. Namun,masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi bahkan di perbaiki dalam media maupun metode yang digunakan dalam mengajar,agar menarik minat belajar siswa sehingga,tujuan pembelajaran yang dilakukan dapat tercapai dengan efektif dan efisien / baik.

  6. Nama : IRNA SARI SIREGAR
    Nim : 856028843
    Prodi : S1- PGSD
    Upbjj : MEDAN
    Pokjar: ASAHAN

    Assalamualaikum….

    Setelah saya melihat serta mengamati video tersebut,media maupun metode yang digunakan guru tersebut cukup baik. Namun,masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi bahkan diperbaiki dalam media maupun metode yang digunakan dalam mengajar,agar menarik minat belajar siswa sehingga, tujuan pembelajara dapat tercapai dengan efektif dan efisien/ baik.

Leave a Reply