silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.

Vera Maya Santi, M.Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.

Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x  1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.

Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

122 Comments

  1. Karina Yuliastiti
    858178831
    Pokjar Gresik

    analisis saya terhadap video pembelajaran ini :
    1. media yang digunakan sudah cukup bagus namun peserta didik kurang terlibat aktif dalam penggunaan media tersebut
    2. kurangnya penjelasan guru terhadap tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
    3. di awal guru tidak menjelaskan sedikit tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang, langsung masuk ke dalam contoh soal yang diberikan
    4. guru tidak memberikan LKPD bagi siswanya
    5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan, hanya memberikan motivasi siswanya saja.

  2. nama : Sarda Aprilia Eka P.
    nim : 858774006
    pokjar : Kota Kediri
    dari vidio diatas menurut saya :
    1. dalam membuka pembelajaran guru telah melakukan dengan baik namun guru tidak memberikan semangat belajar agar siswa dapat bersemangat ketika memulai pembelajaran
    2. pad tahap inti guru tidak menjelaskan secara singkat tentang perkalian sebagai penjumlhan yang berulang sehingga siswa belum terlalu paham dengan materi tersebut dan dapat dilihat guru masih membimbing siswa mengerjakan di depan kelas
    3. dalam mengkondisikan kelas sudah baik. sisw dapt tertip belajar dalam kelompok
    4, guru tidak menutup pembelajaran dangan simpulan atau penguatan untuk melihat pemahaman sisw terhadap perkalian dasar

Leave a Reply