silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

Mery Novianti

Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.

Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)

Similar Posts

27 Comments

  1. Nama EKO MARIYADI
    Nim 837607643
    Pokjar Jenggawah
    UPBJJ JEMBER
    Progam pendidikan PGSD-S1
    Menurut saya vidio diata Cara guru dalam menyampaikan materi sangat jelas dan detail. Di awal pelajaran guru juga sudah menyinggung materi yang lalu dengan cara guru sudah memastikan bahwa siswanya sudah mengetahui bagaimana akar pangkat 3 dari bilangan yang kurang dari 1.000, dan guru sudah menjelaskan tujuan diawal pembelajaran bahwa mereka akan membahas tentang materi akar pangkat 3 lebih dari 1.000. Siswa juga sudah diminta untuk mengamati contoh soal yang dituliskan guru dipapan tulis (Literasi,Creativity and Innovation) kemudian guru menjelaskan materi tersebut kepada siswanya (Communication).
    Namun, guru dalam video tersebut kurang melibatkan siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran, seperti meminta siswa memberikan contoh lain bagaimana mencari materi akar pangkat 3 dan juga guru sebaiknya memberi kesempatan siswa untuk mengerjakan soal secara mandiri (Critical Thinking and Problem Solving). Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
    Kemudian guru selalu memberikan tugas tambahan atau PR pekerjaan rumah yaitu tentang akar pangkat 3 lebih dari 1000.

  2. Nama EKO MARIYADI
    Nim 837607643
    Pokjar Jenggawah
    UPBJJ JEMBER
    Progam pendidikan PGSD-S1
    Menurut saya vidio diatas Cara guru dalam menyampaikan materi sangat jelas dan baik seharusnya guru memberi tugas soal kepada peserta didik.
    Kemudian guru selalu memberikan tugas tambahan atau PR pekerjaan rumah yaitu tentang akar pangkat 3 lebih dari 1000.

  3. NAMA : SITI JAMI’ATUL KHOLIFAH
    NIM : 858170314
    PRODI : PGSD BI

    Assalamu alaikum wr wb Saya akan mengomentari tentang vidio tersebut,

    kelebihannya

    menurut saya vidio pembelajaran tersebut sudah cukup jelas dan sangat bagus sekali, karena materi – materi yang di ajarkan sudah sangat jelas dan sangat menarik sekali. mulai dari kegiatan pembuka , inti dan penutup.

    kekurangannya

    media yang disajikan kurang kalau bisa dikasih media – media yang lebih menarik lagi dan ditambah lagi alat peraga , agar lebih menarik dan sangat jelas untuk siswa . Terima kasih wassalamualaikum wr.wb

  4. Nama : Achmad Rifa’i
    Nim : 856484922
    Pokjar : Dumai
    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas, Guru sudah menyampaikan materi secara baik dan mudah dipahami dan dapat memberikan trik cepat menghitung akar pangkat 3 lebih dari 1000 dengan cara siswa harus hafal dan memahami akar pangkat 3 dari 1-10. Mungkin perlu ditambahkan lagi penjelasan mengenai perubahan angka satuan pada bilangan 1-10 yang dipangkatkan tiga dengan hasil pangkat tiganya. Jadi bisa menambah wawasan dan pemahaman siswa mengenai materi akar pangkat tiga
    Misal
    Angka satuan bilangan pangkat tiga (A3) Angka satuan hasil pangkat tiga
    13 = 1 x 1 x 1 = 1
    23 = 2 x 2 x 2 = 8
    33 = 3 x 3 x 3 = 27
    43 = 4 x 4 x 4 = 64
    53 = 5 x 5 x 5 = 125
    63 = 6 x 6 x 6 = 216
    73 = 7 x 7 x 7 = 343
    83 = 8 x 8 x 8 = 512
    93 = 9 x 9 x 9 = 729
    103 = 10 x 10 x 10 = 1000
    Perubahan angka satuan pada pangkat tiga dan hasilnya
    2 8
    3 7
    7 3
    8 2
    Angka satuan pada pangkat tiga dan hasilnya
    1 1
    4 4
    5 5
    6 6
    9 9
    0 0
    Dengan demikian siswa memiliki konsep pemahaman yang lengkap dan utuh.

  5. Bismillah … Izin menanggapi
    Dari video pembelajaran tersebut, bisa terlihat adanya perhatian dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Dalam kasus ini, siswa sebelumnya sudah tahu atau hafal perkalian pangkat 3 yang memang sudah seharusnya dikuasai terlebih dahulu untuk bisa melakukan penghitungan akar pangkat 3. Namun, salah satu upaya bisa dilakukan untuk lebih memahami proses penghitungan yakni dengan memberikan siswa kesempatan untuk mengerjakan soal di depan. Hal ini dapat memicu semangat dan perhatian siswa untuk lebih menyukai matematika, terutama dalam penghitungan bilangan akaar pangkat 3.
    Terima kasih

  6. Cara dari pak guru tadi yg mengajar itu memudahkan siswa untuk mencari akar pangkat tiga dari bilangan yg lebih dari seribu, tapi saya kok jujur belum paham ya yg mengerjakan contoh soal yg kedua, maksudnya dari angka yang belakang itu diapakan?
    Terima kasih

  7. NAMA : SINTA NURIA RAHMAWATI
    NIM : 85879436
    POKJAR : KEDIRI KOTA

    Dari video tersebut. Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video tersebut berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

    Terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran, yakni :
    a. Guru tidak membuka dengan salam dan menyapa siswa serta memberikan semangat belajar pada siswa
    b. Sebagai umat beragama seharusnya guru mengajak siswa untuk berdoa ketika membuka dan menutup pembelajaran
    c. Siswa kurang aktif dalam proses kegiatan belajar
    d. Suasana kelas yang diciptakan guru terkesan membosankan dan monoton
    e. Guru tidak memberikan siswa kesempatan untuk bertanya terkait materi yang dipelajari
    f. Guru dalam video tersebut kurang melibatkan siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran, seperti meminta siswa memberikan contoh lain bagaimana mencari materi akar pangkat 3
    g. Guru tidak memberi kesempatan siswa untuk mengerjakan soal secara mandiri (Critical Thinking and Problem Solving). Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
    h. Guru tidak menggunakan media belajar

    Ada juga kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Guru mengingatkan kegiatan di pertemuan sebelumnya
    b. Guru baik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa
    c. Guru sudah menjelaskan tujuan diawal pembelajaran bahwa mereka akan membahas tentang materi akar pangkat 3 lebih dari 1.000. Siswa juga sudah diminta untuk mengamati contoh soal yang dituliskan guru dipapan tulis (Literasi,Creativity and Innovation) kemudian guru menjelaskan materi tersebut kepada siswanya (Communication).
    d. Cara guru dalam menyampaikan materi sangat jelas dan detail. Di awal pelajaran guru juga sudah menyinggung materi yang lalu dengan cara guru sudah memastikan bahwa siswanya sudah mengetahui bagaimana akar pangkat 3 dari bilangan yang kurang dari 1.000,
    e. Guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik yang dapat dilihat siswa tertib ketika proses kegiatan belajar

    Terimakasih.

Leave a Reply