Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

182 Comments

  1. CHAIRA SALMAH
    NIM. 501573755
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT MEDAN

    Dalam video ini pembelajaran tentang penulisan essay dalam Bahasa inggris tidak hanya dapat memberikan mereka keterampilan khusus terkait dengan essay tersebut, tetapi juga membawa sejumlah manfaat tambahan seperti menulis dalam Bahasa inggris. Essay seringkali melibatkan aspek-aspek kreatif, seperti seni, musik, menulis, atau kerajinan tangan. Pembelajaran Essay dalam Bahasa inggris dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan mengintegrasikan pembelajaran tentang hobi, baik di dalam atau di luar lingkungan kelas, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan merangsang minat siswa dalam pembelajaran Bahasa inggris.
    Saran terhadapat video pembelajaran tersebut adalah guru harus memperhatikan tulisan Bahasa inggris siswa dan memberikan outline jika tulisan siswa kurang tepat dalam penggunaan Bahasa inggris dalam menyampaikan hobinya. Guru juga harus meminta siswa untuk membacakan hasil essay yang di tulisnya agar mengasah kemampuan skill menulis dalam Pelajaran Bahasa inggris, tidak lupa pula guru harus memberikan motivasi dan kata kata membuat anak senang setelah ia menyampaikan hobinya dalam bentuk Bahasa inggris. Berikanlah tugas essay ke pada siswa tentang hobi seseorang dalam bentuk gambar atau video sehingga merangsang siswa untuk aktif dalam menjawab tugas yang di berikan.

  2. Nama Mahasiswa : Ninda Karima
    N I M : 501201963
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Jakarta

    Berdasarkan pembelajaran dalam video tersebut tentang mata pelajaran “MY HOBBY” dalam bahasa Inggris, guru memanfaatkan media pembelajaran berupa video pendek yang mengangkat topik hobi seorang anak. Penggunaan media video dianggap sangat efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris karena dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memilih kosakata dan menggunakan bahasa yang tepat dalam penulisan karangan. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan, seperti banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan dan memilih kata dengan tata bahasa yang benar. Kendala ini muncul karena kurangnya penjelasan mendalam dari guru serta penggunaan media dan strategi yang kurang tepat dalam menyampaikan materi.

    Namun, setelah guru memberikan contoh dan menggunakan media video, peserta didik menjadi lebih paham terhadap materi, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih baik, dan meningkatkan partisipasi siswa. Pengalaman ini memberi wawasan bahwa seorang guru perlu menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Leave a Reply