silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

157 Comments

  1. Nama : Desy Yana
    NIM : 858158324
    UPBJJ : Palangka Raya
    Sebelum guru menggunakan flipchart, siswa antusias dan beberapa siswa aktif menjawab pertanyaan pemantik guru, namun saat guru menanyakan pertanyaan mengenai proses terjadinya peristiwa alam, siswa menjadi pasif dan bingung. Sedangkan setelah guru menggunakan flipchart, siswa menjadi memiliki gambaran nyata.
    Kelemahan guru
    Pertanyaan pemantik yang disampaikan guru kurang menggali pengetahuan siswa, dengan pokok bahasan peristiswa alam, guru dapat menggali lebih dalam tentang apa saja peristiwa alam yang diketahui siswa terutama yang pernah terjadi dilingkungannya. Keaktifan siswa kurang digali, saat menggunakan flipchart kegiatan bisa bertumpu pada siswa, artinya siswalah yang menjelaskan peristiwa alam yang ada di flipchart, kegiatan tersebut dapat dilakukan secara kelompok, sehingga dapat aktif dalam pembelajaran. Penempatan flipchart kurang menjangkau siswa yang paling belakang.
    Kelebihan guru
    Guru memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk menjawab dan mengeksplorasi pengetahuan mengenai dampak kerusakan lingkungan. Guru memilih gambar yang tepat untuk menggambarkan peristiwa alam, sebab peristiwa yang dipilih adalah peristiwa yang umum terjadi khususnya di Indonesia. Sehingga hal tersebut sesuai dengan gambaran nyata para siswa. Guru menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga mendukung pemahaman siswa.
    Yang unik dalam video tersebut adalah kulaitas gambar yang baik sehingga tampak nyata. Ketika guru menanyakan hal umum seperti dampak kerusakan lingkungan, beberapa siswa menjadi aktif berpendapat.
    Pengaturan tempat duduk siswa sehingga flipchart dapat terlihat oleh seluruh siswa, kegiatan dapat dikemas dengan memusatkan pengalaman belajar pada siswa melalui kegiatan kerja kelompok kemudian dilanjutkan presentasi lalu tanya jawab menggunakan masing-masing kelompok satu gambar flipchart.

  2. Dari tayangan video di atas, menurut saya untuk pendahuluan sudah bagus, hanya saja sebelum masuk ke materi ajar kita perlu melakukan Apersepsi, mengulas kembali materi lampau dan menghubungkannya ke materi selanjutnya.
    lalu pada bagian inti pembelajaran bisa ditambahkan mengenai penjelasan proses apa yang terjadi ketika kebakaran hutan yang diterangkan oleh alat peraga flip chart, di video hanya terlihat sekilas saja penjelasan mengenai bencana alam sementara guru terlalu cepat membuka lembar flip chart.

  3. Nama : Rahma Arbaiyah Harahap
    Nim : 877530385
    Upbjj : Labuhanbatu

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    jawab : anak cenderung pasif karena guru banyak menjelaskan sedangkan siswa cuma mendengarkan.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    jawab : – guru tidak menggunakan media di awal pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak konkret.-cenderung berpusat pada guru sehingga anak kurang aktif menggali informasi berdasarkan pengalaman mereka.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    jawab : gurunya terlihat bersemangat dan berbicara jelas

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    jawab : menurut saya tidak, sama seperti mengajar biasanya pada umumnya.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    jawab : Guru harus mengganti metode mengajar untuk membuat siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran

  4. Nama : Afi Faturrohmah
    NIM : 857629636
    Program : S1PGSD

    Menurut saya, setelah menyimak video mengenai ““Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD.
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat antusias dalam megikuti pembelajaran tetapi saat guru memberikan pertanyaan siswa terlihat kebingungan dan kurangnya pengetahuan karena guru tidak memberikaan pancingan sesuai dengan pengalaman siswa. Hal ini menunjukan bahwa siswa belum siap dalam pembelajaran
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak memberikan motivasi dulu, tidak mengabsen siswa dan guru terlalu tergesa gesa dalam menyampaikan materi, guru tidak mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
    3. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah proses tanya jawab sudah dilakukan guru dalam kelas sehingga membuat kelas menjadi hidup dengan adanya respon beberapa siswa, guru menggunakan media pembelajaran untuk menampilkan gambar jadi lebih menarik dalam pembelajaran siswa tidak hanya membayangkan namun bisa melihat, intonasi jelas dalam penyampaian materi.
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah ketika guru menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran yang menarik berupa flip card
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru memberikan sapaan atau ice breaking di awal pembelajaran agar lebih variatif, mengkodusifkan siswa dan melakukan pembelajaran secara runtut sesuai Rencana pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran diadakan evaluasi guna mengetahui apakah siswa sudah paham atau belum.

  5. NAMA: SENJA NURMASARI
    NIM : 877601064
    Dari video pembelajaran diatas mengenai pemanfaatan media sederhana Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
    Menurut saya
    1. Pada awal pemebelajaran sebaiknya diawali dengan berdoa agar ilmu yang disampaikan lebih berkah dan mengajarkan siswa untuk selalu mengingat tuhan dalam setiap melaksanakan kegiatan
    2. Dalam video tesebut guru langsung menyampaikan materi pembelajaran tanpa adanya apresepsi.
    3. Dalam Video tersebut guru yang lebih monoton menyampaikan materi.
    4. Terlihat guru mengusai materi pelajaran tidak terpaku pada buku bahan ajar dan guru menggunakan Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami umtuk siswa.
    5. Penggunakan media flip chat untuk materi pelajaran peristiwa-peristiwa alam sudah baik jika keadaan sekolah tersebut belum adanya sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan belajar setidaknya sebagai gambaran apa yang terjadi jika kita tidak memanfaatka alam dengan baik .
    6. Sebiaknya akan lebih baik lagi jika seorang guru mengajar mengunakan media yang inofatif sesuia dengan perkembangan zaman saat ini agar membuat siswa lebih pahan dan mengerti misalnya berupa video (audia dan visual)
    7. Guru tidak mearik kesimpulan mengenai materi yang sudah disampaikan pada akhir pembelajaran dan mengumumkan materi berikutnya untuk sebagai bahan belajar dirumah.
    8. Pada saaat akhir pemelajaran guru tidak melakukan proses penilai sebagai patokan apakah siswa siswi sudah benar-benar paham pada materi tersebut.

  6. Nama: Fitri ani
    Nim: 856731334
    Pokja :Muara Enim

    Berdasarkan video dengan judul pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses dan peristiwa -peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD”
    Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan berdoa bersama, dan tidak meng absensi kehadiran siswa. Serta tidak menga persepsi serta memotivasi siswa sebelum mulai pembelajaran. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    Guru tidak menyebutkan halaman berapa yang akan dipelajari, guru cuma mengatakan keluarkan buku IPA, guru juga langsung menggunakan metode ceramah.
    Pada kegiatan inti guru tidak menggunakan media di dalam pembelajaran sehingga siswa tidak memahami pembelajaran yang di berikan oleh guru. Guru juga mengalami kesulitan di dalam pembelajaran karena tidak menggunakan media pembelajaran yang memadai, dan juga tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi melalui media flip chart.
    Guru sebaiknya menyampaikan materi yang diajarkan sesuai dengan media /metode yang digunakan.

  7. Assalamualaikum wr wb.
    Nama : Aftina Sodikoh
    Nim : 857601511
    Upbjj : Purwokerto
    Izin menyampaikan pendapat,
    Pada video tersebut anak terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari guru yaitu tentang peristiwa yang terjadi di alam, tetapi mereka masih membayangkan bagaimana peristiwa alam itu terjadi, sebab akibat dari peristiwa alam itu terjadi, tetapi dengan guru menggunakan alat peraga flip chart siswa dengan mudah melihat dan memahami seperti apa peristiwa alam itu terjadi walau hanya dengan gambar, terlihat anak lebih termotivasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang peristiwa alam.
    Kelebihan pengguanaan media flip chart
    1. Dalam penyampaian pesan menggunakan flip chart lebih singkat dan efisien
    2. Bisa digunakan di luar atau di dalam ruangan, bisa dibawa kemana saja
    Kekurangan penggunaan flip chart
    1. Hanya sebatas gambar, informasi yang didapat siswa juga terbatas
    2. Tidak sesuai jika dalam satu kelas terdapat lebih dari 20 siswa

    Sekian pendapat dari saya
    Wassalamaualikum wr wb

Leave a Reply