silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Sindy Masrupah
NIM : 858071532
UPBJJ : Pontianak
Pokjar : Mempawah
Dalam video ini, guru menjelaskan dengan bersemangat suara guru juga lantang sehingga anak antusias dan fokus dalam mendengarkan materi Pembelajaran.
Guru juga menjelaskan materi dengan asik dan tidak monoton. Guru dalam video tersebut sangat kreatif dalam menyediakan media Pembelajaran. Tetapi, dalam memulai Pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal seperti mengucapkan salam dan berdoa dan juga pada kegiatan akhir guru tidak melakukan penutup. Guru tidak memberikan kesempatan bertanya pada anak.
Nama Mahasiswa : Dhea Fitriani
NIM : 855777493
Program Studi. : S1 PGSD
UPBJJ : Palembang
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
Kelemahan dari video pembelajaran 1 yang penulis analisa yaitu salam dan doa sebelum pelajaran dimulai tidak muncul dalam video. Di awal video seorang guru langsung bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran. Apakah hal ini disebabkan proses editing yang membuat salam dan doa pembuka tidak ada dalam video? Hal ini menjadi pertanyaan kami sebagai penganalisa. Kami juga menemukan ketidakadaan pembacaan doa di akhir pembelajaran.
Kelemahan kedua, di awal pembelajaran suara guru terdengar sedikit terbata-bata. Hal ini bisa mengganggu persiapan siswa untuk langsung fokus masuk dalam inti pembelajaran.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
Penampilan guru yang rapi dengan suara lantang mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pelajaran. Ketika guru menjelaskan materi pelajaran sangat bersemangat sehingga menularkan rasa semangat tersebut kepada siswa. Ditambah dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat dalam pembelajaran. Hampir keseluruhan siswa di dalam kelas menjadi aktif dengan suasana tersebut. Dan metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik.
3. Hal unik yang terdapat dalam video
Suara guru ketika menjelaskan materi pelajaran terdengar unik dan khas. Baik dari intonasi, kejelasan suara serta cara penyampaiannya. Sehingga siswa secara otomatis memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan.
4. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Dari kelemahan dan kelebihan video 1 yang diamati, kami merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di kegiatan pendahuluan, salam pembuka dan doa menjadi hal penting yang tidak boleh terlupakan. Memotivasi siswa dengan kegiatan bernyanyi dan belajar dalam bentuk permainan perlu dilaksanakan Serta pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran kami masukkan dalam rencana pembelajaran ini. Dan tidak kalah pentingnya, doa di kegiatan penutup menjadi akhir dari kegiatan pembelajaran.
NAMA : RAHMADI
NIM :856976581
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR :KOTAAGUNG
Berdasar kan vidio pembejaran di atas ,menurut pendapat saya bahwa Keterampilan bertanya itu sangat penting untuk di kuasai oleh seorang guru, maka dari itu guru harus memiliki keterampilan bertanya. Dengan keterampilan bertanya ini dapat mendorong atau menstimulus berpikir anak sehingga menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna.selain guru yang bertanya kepada siswanya..mungkin dari kegiatan absensi dan menanyakan kabar siswa dan memintai keterangan siswa yang tidak masuk itu juga termasuk unsur keterampilan bertanya dalam kelas
NAMA : RAHMADI
NIM :856976581
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR :KOTAAGUNG
Berdasar kan vidio pembejaran di atas ,menurut pendapat saya bahwa Keterampilan bertanya itu sangat penting untuk di kuasai oleh seorang guru, maka dari itu guru harus memiliki keterampilan bertanya. Dengan keterampilan bertanya ini dapat mendorong atau menstimulus berpikir anak sehingga menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna.selain guru yang bertanya kepada siswanya..mungkin dari kegiatan absensi dan menanyakan kabar siswa dan memintai keterangan siswa yang tidak masuk itu juga termasuk unsur dalam keterampilan bertanya dalam kelas