silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu sendiri. Dengan demikian anak didik menjadi paham betul yang namanya tanda birama.

Hj. Endiyah Riyawati, S.Pd.

Similar Posts

18 Comments

  1. Nama : Komang Suprobowati
    NIM : 856993105
    Pokjar : Sidomulyo
    Kelas : B

    Dari video diatas, saya menganalisis :

    Terlihat guru mengawali pembelajaran dengan menyanyikan yel-yel. Kemudian guru menerangkan pelajaran materi seni tentang pengenalan tanda Birama. Siswa antusias dalam menerima pelajaran, terlihat tidak ada siswa yang mengobrol atau bercanda. Guru menggunakan media pembelajaran berupa tepuk tangan untuk pengenalan tanda birama 4/4 dan mengajak siswa bernyanyi kupu-kupu yang lucu dan balonku ada lima. Ketika guru bertanya kepada siswa, siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar. Begitupun ketika siswa bertanya guru dapat menjawab pertanyaan siswa dengan baik.

    Kelemahan guru : guru tidak mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan. Diakhir pembelajaran guru tidak mengakhiri dengan mengajak siswa berdoa.

    Kelebihan guru : guru dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, dengan mengajak siswa menyanyikan yel-yel. Guru menguasai materi dengan sangat baik, terlihat dari siswa yang antusias dalam menerima pelajaran. siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru, dan guru pun dapat menjawab pertanyaan dari siswa. Guru menggunakan media pembelajaran berupa tepuk tangan dan mengajak siswa bernyanyi bersama.

    Saran : pada saat memulai pembelajaran sebaiknya diawali dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, berdoa, menyanyikan lagu kebangsaan, dan menyanyikan yel-yel untuk menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan. Pada saat pelajaran berakhir sebaiknya diakhiri dengan berdoa.

    Hal unik : hal unik yang terlihat adalah walaupun media pembelajarannya hanya berupa tepuk tangan tetapi siswa sangat antusias, senang dan dapat menerima pelajaran dengan sangat baik.

  2. Nama : KRISTIN DWI PRATIWI
    NIM : 858901463
    Program Studi : S1 – PGSD
    UPBJJ-UT : JEMBER
    Pokjar : Wuluhan

    Assalamualaikum wr. wb.
    Berdasarkan pemaparan video dengan judul “Pengenalan Tanda Birama” yang dibuat oleh Hj. Endiyah Riyawati, S.Pd, terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam video yang dapat diuraikan sebagai berikut:
    Kelebihan :
    1. Guru sudah berpakaian rapi.
    2. Guru pandai dalam pengelolaan kelas sehingga tercipta suasana kelas yang tenang dan kondusif.
    3. Guru melakukan ice breaking dengan yel-yel di awal pembelajaran sehingga membangkitkan semangat belajar siswa.
    3. Pada awal pembelajaran guru mengenalkan pelajaran yang akan dipelajari.
    4. Suasana kelas yang komunikatif dan interaktif, terlihat dari keaktifan siswa dalam merespons apa yang diperintahkan oleh guru.
    5. Guru menggunakan media anggota tubuh dengan cara bertepuk tangan serta mengajak siswa untuk bernyanyi dan mempraktikkan lagu secara bersama-sama.
    6. Guru memberikan kesempatan siswa maju ke depan untuk menjawab pertanyaan dan bertanya sehingga suasana kelas terlihat interaktif dan menyenangkan.

    Kelemahan :
    1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
    2. Guru tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran, sehingga alur pembelajaran kurang begitu jelas.
    3. Tidak terlihat apresiasi guru terhadap siswa yang sudah berani maju ke depan.
    4. Guru tidak melibatkan siswa untuk menarik kesimpulan di akhir pembelajaran.
    5. Guru tidak melakukan refleksi di akhir pembelajaran.
    6. Guru tidak menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya.
    7. Guru tidak memberikan tugas rumah untuk meningkatkan pemahaman siswa dan agar siswa mengingat kembali apa yang sudah dipelajari di sekolah.
    8. Pembelajaran tidak diawali dan ditutup dengan doa.

  3. PERKENALKAN
    Nama :Bethesda Marito Hutagaol
    Nim :855868017
    pokjar :TOBA
    SEMESTER/JURUSAN : 6/ PGSD -S1

    Menurut saya pembelajaran di video tersebut tidak dimulai dengan pembukaan doa dan cek kehadiran.
    guru memulai dengan iyel iyel yang mengajak siswa supaya semangat.namun guru tidak menjelaskan diawal pengertian pelajaran yang akan dilaksanakan .guru langsung bertanya dan mempraktekkan tanpa menjelaskan terlebih dahulu..Menurut saya guru kurang menyesuaikan lagu dengan praktek biramanya.

    Terimaksih 🙂

  4. Nama : REKI PERDINAN
    NIM : 856976607
    Pokjar : KOTAAGUNG
    Kelas : A

    Dari video diatas, saya menganalisis :

    Terlihat guru mengawali pembelajaran dengan menyanyikan yel-yel. Kemudian guru menerangkan pelajaran materi seni tentang pengenalan tanda Birama. Siswa antusias dalam menerima pelajaran, terlihat tidak ada siswa yang mengobrol atau bercanda. Guru menggunakan media pembelajaran berupa tepuk tangan untuk pengenalan tanda birama 4/4 dan mengajak siswa bernyanyi kupu-kupu yang lucu dan balonku ada lima. Ketika guru bertanya kepada siswa, siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan benar. Begitupun ketika siswa bertanya guru dapat menjawab pertanyaan siswa dengan baik.

    Kelemahan guru : guru tidak mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan. Diakhir pembelajaran guru tidak mengakhiri dengan mengajak siswa berdoa.

    Kelebihan guru : guru dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, dengan mengajak siswa menyanyikan yel-yel. Guru menguasai materi dengan sangat baik, terlihat dari siswa yang antusias dalam menerima pelajaran. siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru, dan guru pun dapat menjawab pertanyaan dari siswa. Guru menggunakan media pembelajaran berupa tepuk tangan dan mengajak siswa bernyanyi bersama.

    Saran : pada saat memulai pembelajaran sebaiknya diawali dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, berdoa, menyanyikan lagu kebangsaan, dan menyanyikan yel-yel untuk menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan. Pada saat pelajaran berakhir sebaiknya diakhiri dengan berdoa.

    Hal unik : hal unik yang terlihat adalah walaupun media pembelajarannya hanya berupa tepuk tangan tetapi siswa sangat antusias, senang dan dapat menerima pelajaran dengan sangat baik.

  5. Nama: Dewi Ainunisak
    Nim. : 857697162
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: Semarang
    Pokjar: Kedungwuni
    Judul: Pengenalan birama

    Setelah melihat video tersebut, kelemahan guru yaitu sebelum memulai materi, guru tidak berdoa, menanyakan kabar siswa dan tidak mengabsen nya.
    Kelebihan guru yaitu Guru terlihat sangat menguasai materi dan kelas, sehingga pembelajaran kelihatan menyenangkan dan anak-anak pun kondusif dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.
    Guru kelihatan semangat sehingga anak-anak pun menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran.
    Hal unik lainnya guru sangat sederhana dalam menggunakan media pembelajaran yaitu dengan kedua tangannya, akan tetapi itu tidak mengurangi nilai pembelajarannya.
    Walaupun memakai media yang sederhana, tapi pembelajaran kelihatan sangat menyenangkan, kondusif dan anak-anak pun menjadi faham tentang materi yang di sampaikan oleh guru.

  6. Nama : RISVA YURINA
    NIM : 856976685
    PRODI : PGSD S1

    Setelah menyaksikan video tentang “pengenalan tanda birama” ada beberapa kelebihan dan kekurangannya
    Kelebihannya
    1. Guru dapat menguasai kelas sehingga anak dapat aktif dalam pelajaran tersebut
    2. Guru mengajak siswa langsung untuk mempraktikan dan mencontohkan tanda birama dengan tepuk tangan
    Kekurangannya
    1. Pada saat kegiatan pembelajaran tidak dilakukannnya kegiatan awal dan kegiatan akhir. Guru hanya langsung membuka pelajaran tanpa adanya pendahuluan.

  7. Nama : Maudy Wulandari
    NIM : 856986131
    Kelas : 6 A/ Semester 6
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Banjar Agung
    Setelah menyimak video pembelajaran,
    Menurut saya, guru tersebut tampak pandai dalam menguasai kelas sehingga reaksi siswa tampak antusias aktif dalam bertanya maupun menjawab saat pembelajaran sedang berlangsung. Dengan mengajak siswa maju ke depan untuk mempraktikkan secara langsung tanda birama melalui sebuah lagu adalah cara yang tepat agar siswa jadi lebih mudah mengerti bagaimana tanda birama dalam sebuah lagu.

  8. Nama : Verawati Purba Pak-pak
    Nim : 855834135
    Pokjar : Serdang Bedagai
    UPBJJ : 12/ MEDAN

    1. Sebaik ya guru mengenalkan bentuk not sesuai jumlah ketukan nya..
    2. Menggambarkan contoh pola ritme dalam birama 4/4. Dengan berbagai jumlah ketukan
    3. Menjelaskan perbebedaan 3/4 dan 4/4 dalam bentuk pola ritme
    4. Memainkan pola ritme dengan pukulan ritme dengan ritme sederhana
    5. Menggambarkan tanda aksen pada ketukan pertama dan memainkan tanda tersebut bdengan pukulan ritme

Leave a Reply