silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

665 Comments

  1. NAMA : SEKAR RESTU BUMI
    NIM : 857732457
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : SEMARANG

    Matematika memiliki sifat yang konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pada kasus dalam video tersebut ditunjukkan keadaan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari.
    Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika siang hari yaitu:
    1. Siswa merasa bosan sehingga mengurangi minat dan fokus belajar mereka.
    2. ⁠Kurangnya asupan nutrisi yang memengaruhi konsentrasi
    3. ⁠Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti kebisingan kelas, cuaca panas, atau pencahayaam yang tidak memadai, sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa
    4. ⁠Kesulitan memahami materi, ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, mungkin mereka menjadi frustasi dan kehilangan minat dalam pembelajaran.

    Adapun beberapa strategi yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu:
    1. Memberikan ice breaking di awal ataupun di tengah pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar.
    2. Mengubah metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti penggunaan media visual, permainan matematika atau metode yang lainnya.
    3. ⁠Istirahat yang terjadwal, berikan waktu istirahat yang terjadwal di tengah sesi pembelajaran. Siswa dapat melakukan aktivitas ringan selama istirahat yang dapat membantu meningkatkan fokus mereka saat kembali ke pembelajaran.
    4. ⁠Berikan pujian atau dorongan kepada siswa yang berhasil mempertahankan konsentrasi selama pembelajaran matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk tetap fokus.

  2. Nama : Diva Cindy Pradistya
    Nim : 856021793
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : MEDAN
    tanggapan saya mengenai video pembelajaran” siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” ialah ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat anak antusias terhadap materi pembelajaran yang pertama adalah membuat suasana kelas lebih riang dan bersemangat. Kita sebagai guru bisa menggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kita seperti gambar, meja, papan tulis dan lain sebagainya. Guru juga bisa menggunakan ice breaking sebelum memulai pembelajaran agar para peserta didik tidak mengantuk dan bersemangat. Dan jangan lupa berikan lah apresiasi kepada siswa agar mereka lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.

  3. Nama : Vira Fanisa
    NIM : 857102784
    UPBJJ : Jakarta

    Dari Video diatas dapat disimpulkan bahwa siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika dikarenakan sudah lelah dengan pembelajaran sebelumya, disini guru harus mampu menghidupkan suasana pembelajaran agar lebih menarik dan bersemangat.
    beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran dikelas :
    1. penggunaan ice breaking yang mampu membangun semangat belajar siswa untuk siap menerima pembelajaran
    2. pengunaan media pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik untuk menyimak pembelajaran
    3. menggunakan metode diskusi sehingga siswa diajak untuk memberikan pendapat agar terjadi interaksi dalam proses belajar.
    4. praktek langsung, siswa diharapkan mampu mempraktikan cara mengukur suatu benda
    5. berikan apresiasi kepada siswa agar mereka termotivasi untuk meningkatkan pembelajaran.

  4. Nama: Anis srigianti
    Nim: 856573355
    Prodi: PGSD-S1
    Semeter 8
    Menurut saya video pembelajaran di atas guru tersebut menyampaikan materi kurang jelas dan terkesan terlalu terburuburu, sehingga siswa kurang memahami apa isi dari materi itu. Kemudian juga guru tersebut menyampaikan materi dan pendahuluan hanya dengan ceramah saja sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi bosan dan kurang konsentrasi karena hari sudah siang, ada baik nya jika dalam melakukan pembelajaran matematika seorang guru harus memilih metode yang tepat yang menarik yang sesuai karakter siswa sehingga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membosankan dan siswa pun akan konsentrasi dan fokus mengikuti pelajaran meskipun hari sudah siang.

  5. NAMA: Dwi Meiliyanti
    NIM: 856986844
    SEMESTER: 8
    UPBBJ: Bandar Lampung

    Menurut pendapat saya, dalam video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ” ialah pembelajaran diatas guru masih menggunakan metode ceramah diawal sampai akhir pembelajaran serta penjelasan materi dari guru kurang jelas, padahal di siang hari siswa pasti sudah mulai bosan dan jenuh didalam kelas, sehingga siswa tidak dapat berkonsentrasi terhadap pembelajaran, ada baiknya guru tersebut menggunakan metode yang lebih menarik perhatian siswa. Bisa dengan guru sebelum melakukan pembelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu, agar siswa menjadi semangat untuk memulai pembelajaran, dan jangan lupa juga memberikan apresiasi terhadap siswa dalam pembelajaran agar siswa lebih termotivasi.

Leave a Reply