silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,272 Comments

  1. Nama : HIDAYATIKA
    NIM : 859170141
    JURUSAN : S1 PG-PAUD
    Judul Video GPO : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Video pembelajaran ini sangat terkonsep dan sistematis, terlihat dari cara guru memberikan ice breaking bertepuk dan bernyanyi tema bilangan sebelum kegiatan inti dimulai. guru sangat bersemangat saat mengajar sehinggan membuat anak-anak juga sangat semangat mengikuti pembelajaran di kelas. metode penugasan yang diberikan guru juga tidak memberatkan anak sehingga anak dengan cepat mengusai kegiatan.
    Media yang dipakai juga sangat bagus, anak dapat bermain sambil belajar bilangan dengan setting media yang digunakan.
    Suasana kelas sangat kondusif, guru benar-benar dapat mengusai kelas walapun terlihat dalam video anak-anak jumlahnya sangat banyak. Video ini sangat menginspirasi saya.

  2. Nama : Mafazil Uyun
    NIM : 859170861
    UPBJJ : Mataram
    menurut saya video pembelajaran ini sangat bagus dan menarik bagi siswa karena belajar mengenal konsep bilangan tidak hanya dengan menulis di buku tetapi bisa dilakukan dengan cara bermain. Seperti yang ditampilkan dalam video guru mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan menggunakan bola warna warni, kertas bergambar, bernyanyi menyebut dan menghitung jumlah anggota tubuh.
    Kelebihan dari video ini adalah
    1. Anak diajak mengenal konsep bilangan menggunakan bola warna warni sehingga anak tidak hanya mengenal angka tetapi juga bisa mengenal warna dan bentuk dari APE yang digunakan
    2. Anak belajar mencocokkan jumlah gambar dengan lambang bilangan yang diberikan dalam bentuk lembar kerja jadi anak tidak bosan menyelesaikan tugasnya
    3. Anak diajak berbicara dengan dua bahasa sehingga anak memiliki kemampuan bahasa yang baik
    4. Pada setiap anak melakukan kegiatan guru selalu memberikan apresiasi dan tidak menyalahkan jika ada anak yang salah saat menyelesaikan tugasnya tetapi malah anak-anak mendapat pengetahuan baru dengan belajar berhitung penjumlahan.
    Kekurangan dari video ini adalah
    1. Guru tidak menyiapkan wadah untuk meletakkan bola yang diminta oleh guru sehingga anak tidak bisa membawa bola sesuai dengan yang diminta oleh guru
    2. Guru tidak terlihat mendampingi siswa ketika menyelesaikan lembar kerja mencocokkan lambang bilangan dengan gambar

Leave a Reply