Penelitian Tindakan Kelas


PTK

Merupakan metode penelitian observatif yang sangat berguna bagi guru dalam melakukan refleksi diri bagi peningkatan profesionalisme mengajar. Melalui laman ini, selain anda dapat mempelajari informasi, pendapat, dan gagasan terkait penelitian tindakan kelas, anda juga dapat memberikan konstribusi pendapat dan gagasan dalam bentuk artikel. kami akan memilih artikel mana yang menurut kepakaran kami pantas di publikasikan dalam laman ini. silahkan mengisi form artikel.


Menurut Pakar

Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka.

Menurut Kemmis (1988) Sanjaya, hal. 24

Tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan.

Menurut Suyanto (1977) Basrowi & Suwandi, hal. 54